iklan

4 Hal Untuk Mewujudkan Resolusi


Selama ini cukup banyak gue baca tentang harapan orang di tahun 2014, dari mulai tentang asmara sampe tentang kehidupan yang lebih baik nanti. Gue sendiri nggak pernah punya resolusi yang begitu jelas, yang gue lakuin ngikutin jalan hidup yang udah di tentuin dan digariskan oleh tuhan. Tapi belakangan gue sadar kalo gue harus punya tujuan yang jelas, gue harus buat resolusi. Yah, minimal 3-5 yang harus gue capai di tahun ini. 

Gue kesannya ikut-ikutan nggak sih? Orang lain buat resolusi gue juga ikutan buat. Gue rasa nggak, karena setiap orang punya keinginan yang harus diwujudkan, begitu juga dengan gue, karena gue orang juga. Ngomong-ngomong gue kok nanya sendiri jawab sendiri ya, mungkin karena kebiasaan kemana-mana sendiri. Kasian.


Setiap resolusi tiap tahunnya berbeda-beda, sebagian ada juga yang punya resolusi yang sama karena di tahun sebelumnya mungkin belum kecapai atau hasilnya kurang maksimal, biasanya tentang asmara yang susah dicapai. Iya, maksud gue yang masih jomblo gitu-gitu. Nah, kalo udah bikin resolusi tinggal nyari cara buat ngewujudinnya. Dan menurut gue ada 4 hal buat merealisasikan atau mewujudkan apa yang kita rencanain, resolusi kita. Here they are..

Konsisten 

Konsisten menurut gue adalah langkah awal setelah kita buat resolusinya. Konsisten yang gue maksud adalah tetap pada tujuan yang mau kita capai. Biasanya ada sebagian orang yang nggak konsisten dengan resolusinya. Apa yang dia tulis di list resolusi ubah-ubah terus, jadi nggak jelas mana yang harus dia lakuin, gimana mau mencapai resolusi kalo recananya gonta-ganti mulu. Nggak konsisten. Sesuai sama apa yang ditulis aja, misalkan di nomer pertama resolusinya pengen buat buku, ya konsisten sama buat buku. Kalo misalnya mau lanjut ke resolusi yang nomer dua, usahain yang nomer satu udah 50 persen jadi.

Action 
Apalagi yang harus kita lakuin kalo udah bikin rencana yang sedemikian matangnya, kalo bukan action. Action merupakan sebuah keharusan untuk kita dalam resolusi yang kita buat, jangan sampe rencana kita yang udah kita susun terbengkalai gitu ajah. Kebanyakan orang emang sulit buat action, hal ini adalah kunci untuk mencapai resolusi. Tapi gue yakin kalo kita udah mantep dengan resolusi kita, action-nya juga nggak susah. Keinginan yang kuat bisa memacu kita untuk dapetin apa yang kita mau. Jangan kelamaan mikir, action!

Don’t give up
Buat rencana udah action udah tapi resolusinya masih belum kecapai juga. Jangan menyerah guys, kalo usaha kita ‘belum bisa’ mencapai resolusi yang udah di rencanain coba deh lihat lagi, apa ada yang kurang dalam usaha kita. Hal umum yang biasa orang bilang adalah ‘kalo kita gagal mungkin usaha kita kurang maksimal’. Maka dari itu jangan langsung menyimpulkan kalo kita nggak bisa. Makannya gue pake prase ‘belum bisa’ karena gue yakin kita pasti bisa tapi ‘belum’ saatnya, hanya masalah waktu. Untuk sekededar mengigatkan kita bisa liat di postingan ini.

Catat 
Di awal atau di tengah perjalanan menuju resolusi kita, ada baiknya kita mencatat apa ajah yang udah kita lakuin. Sebenernya kita bisa mengingat apa ajah yang udah dilakuin, tapi alangkah baiknya dicatat di kertas karena mungkin bisa ajah kita lupa dan kalo kita ‘belum berhasil’ mencapi resolusi. Kan enak kalo di tulis kita bisa lihat apa ajah sih yang udah dilakuin kok belum berahasil, dicek kemudian cari solusinya. Semacam revisi di dalam skripsi.

Itu ajah yang harus kita lakuin dalam mewujudkan resolusi, menurut gue. Jangan lupa berdo’a karena do’a juga berperan untuk terwujudnya resolusi kita tapi jangan lupa juga kalo berdo’a adalah waktu kita sementara waktu tuhan untuk mewujudkannya berbeda. Saran dari gue adalah coba deh cari orang-orang yang bisa memotivasi kita, kaya lihat idola di acara talk show misalnya atau cari motivasi lain yang bisa membangkitkan semangat kita. So, tetep semangat dalam menggapai resolusi kawan. :)

Tulisan ini di ikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy 

Komentar

  1. Wah, iya bener banget.. tambahan nih fik..
    buat resolusi se detail mungkin, trus dibaca setiap 2 minggu sekali. biar ingat terus. oia, resolusiku ada 22 Loh! hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah banyak amat kuh, ckckck semoga tercapai resolusinya aminn

      Hapus
    2. amin..
      eh, kayaknya kemaren nggak ada gambarnya deh..

      Hapus
    3. ada kok kuh, lonya ajah yang nggak peka -_-

      Hapus
  2. Keren bang! lo niat banget bikinnya, tapi bakal lebih keren lagi kalo yang lu tulis udah lu lakuin :P wkakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh hud itu udah pasti soalnya gue yg buat haha

      Hapus
  3. Bener.
    Kalo ingin mewujudkan resolusi, lo harus butuh banget tuh namanya action.
    Jangan cuma berdiem diri, dan nunggu harapin terwujud dengan sendirinya. Nggak akan pernah bisa kalo cuma gitu aja. Satu hal, menurut gue resolusi nggak harus dilakuin tahun ini juga. Tahun seterusnya masih tetep bisa. Jadi, jangan pernah menyerah seperti halnya point lo di nomor 3, pik. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan menyerah jangan menyerah... *lagu d'masiv berkumandang*

      Hapus
  4. Niat banget ini buat ikut. semoga menang bang..Creative banget. pokoknya ciamik deh. *Cium Jauh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus niat kalo bikin sesuatu, kan namanya juga best article. nampilin yg terbaik aja sih

      Hapus
  5. don't give up itu paling penting, bagaikan cabe-cabean tanpa om-om mereka nothing. tanpa semangat pantang menyerah, resolusi juga nothing sihh, ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yam cabe-caben lebih butuh orang balapan ketimbang om-om. kalo om-om makanannya para ehmm perek

      Hapus
  6. tofik keren deh gambar2 editannya! ^__^
    blognya tata layout nya simple, enak dibaca.
    tips2 di atas emg bener.
    konsisten dan eksyen, harus tuh...jangan cuma sekedar ditulis doank :-D

    ini artikel utk best article ya. wuih...semoga kepilih ya!!

    btw resolusi kamu apa?

    BalasHapus
  7. Mungkin biar lebih ingat lagi, tempel semua catatan buat targetnya tahun ini di dinding kamar. Atau bila perlu di pintu kamar, biar ingat terus :)

    BalasHapus
  8. setuju banget bang apalagi yang no.4 catet tuh bagi orang" yang suka amnesia kayak gue haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa di catet bro, catet kalo gue ganteng yah hahaha

      Hapus
  9. pikkk...itu header diapain sih....ngakak guee...ada kuping beruang...dan pake jas plus kacamata item..astagaa...hahaha

    yang konsisten itu paling susah...tapi kalo beneran bisa konsisten, hasilnya pasti sukses bangett...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di edit pake photoshop mif haha

      iya bener konsisten

      Hapus
    2. wah.. kereen pik...
      itu 4 gambar di postingan juga keren..eh 5 ya...hahaha

      Hapus
  10. yang terpenting juga disini adalah prioritas.
    mana yang bener - bener harus didahulukan untuk diwujudkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaya yg gue bilang di awal, mana duluan yg mau di lakuin :)

      Hapus
    2. semangat yah buat resolusiny :)
      #udahbingungmaukomenapa -__-

      Hapus
  11. Bener banget nih Fik, gue setuju.

    GUe juga menganut paham "pasti bisa cuma belom saatnya" kalo misalnya gak sesuai sama apa yg gue inginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang emang biasanya belum bisa dan belum saatnya ajah

      Hapus
  12. motivator muda nih roman2nya *sisir jenggot...
    btw daftar resolusinya mana nih :3
    Oh iya, salam kenal yaaa, penghuni baru BE nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh nggak juga, cuma berbagi ajah sapa tau ada yg belum tau.. ya di kasih tau. hehe
      ga buat di publikasikan :D

      OKE, salam kenal juga

      Hapus
  13. kalau gue sendiri untuk mewujudkan resolusi gue itu gue sering nyatet resolusi gue di depan kaca terus kalau udah terlaksana gue coret kalau belum ya gak kecoret. itu yang bikin resolusi gue bisa terlaksana dengan baik :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terobosan baru tuh nulis di kaca, kerennnn

      Hapus
  14. cieeee yg gak pernah bikin resolusi tapi sekarang tergerak hatinya untuk mencoba memahami tujuanbhidup "apasih"
    ya bener banget Pik, KADC... Konsisten Action jangan menyerah dan harus dicatat itu merupakan poin penting utk mencapai resolusi
    kalo kita ga konsisten ya sama aja bohong. kalo ga ada action ya gak jalan, trs kalo menyerah ya cukup tau aja hahaha

    BalasHapus
  15. widihhh, cakep bener nih postingan Pik, enak kali yak jadi blogger yang pnter design bikin bikin kek gtu sekalian,,bikin beda sama yang lain...pik, juga harus berdoaaa..biar keberntungan selalu datang menerpa dan segala yang ditulis dan diusahakan bisa menjadi realita. oke sip, Pik..gue doain lu juara nya bulan inih!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. guenya juga cekp mey hahaha
      amin deh aminnnn :D

      Hapus
  16. Kalo gue gak terlalu mikirin resolusi (.-.) Kayaknya susah gitu, buat konsisten aja susah... Trus kalo udah jatuh pengen menyerah aja. Haha :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga nggak terlalu sih bang cuma kan orang tuh harus punya tujuan buat kedepannya :D

      Hapus
  17. seriusan, konsisten itu yg susaaah bgt kyaknya buat dijalanin hhu
    semangat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus gue yg kasih semangat -_- kebalik haha

      Hapus
  18. aku kalo punya resolusi suka nyatet di buku diary sih, ngomong-ngomong soal resolusi, resolusiku di tahun 2013 alhamdulillah terkabul, meskipun sedikit ada hambatan, tapi untung semuanya bisa teratasi. dan tahun ini aku punya resolusi, yaitu; lolos CPNS dan punya anak. doain yak? :)

    BalasHapus
  19. aku gak pernah nyatet apapun resolusi ku, hahaha makanya sering lupa sendri, aneh. ckck
    tapi untuk konsisten kayaknya paling susah, karena penyakit malas bisa aja menyerang tiba-tiba, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.