iklan

Quote Games : 'Gagal' Itu Apa Sih?

Apa kalian pernah gagal? Seberapa sering? Gue yakin walaupun nggak setiap saat kalian gagal, kalian pernah mengalaminya. Gagal adalah sebuah proses menuju keberhasilan, makannya ada pepatah mengatakan kalau gagal adalah sukses yang tertunda. Sama kaya kalian khususnya para cowo yang nembak cewe tapi gagal, itu berarti kalian ditolak. Lah... *dilempar samurai*. 

Oiyah, kalian tau siapa orang yang menjadi logo di restoran ayam goreng KFC? Kalo belum tau, gue kasih tau, pria berkumis dan berjenggot itu bernama Harland David "Colonel" Sanders  atau lebih dikenal dengan nama Kolonel Sanders pemilik dan founder KFC. Dia juga pernah gagal loh, ketika mengenalkan ayam buatanya kepada restoran-restoran yang akan diajak bekerjasama untuk mengembangkan bisnis wralabanya. Lebih dari 1000 restoran yang menolak sang kolonel, sampai akhirnya sampai di restoran yang ke 1008 ada yang mau membeli resep ayamnya dan mengembangkan bisnisnya tersebut.

enyak..enyak



Dari situ kita bisa melihat, kegagalan bukan merupakan sebuah alasan untuk menyudahi perjuangan kita. Jadikanlah kegagalan menjadi alasan kita untuk tetap bertahan dan bangkit. Karena kita yakin pasti kita akan meraih apa yang kita inginkan. Bayangin ajah kalau seandainya Kolonel Sanders berhenti di restoran ke 1007, apa kita masih bisa menkmati ayam goreng lezatnya? Walaupun memang banyak yang membuat ayam goreng, tapi dia membuktikan kalau ayam goreng buatannya lebih enak.

-----

Kali ini quote games akan mengambil tema 'Gagal'. Gue nggak sendirian disini. Ada beberapa orang yang akan memberikan quote-nya, lewat gue tentunya. Yang belum tau, ada apa sebenarnya gue mewawancarai atau nanya-nanya sama orang yang gue kenal dan nggak kenal sama sekali? Oke, gue punya rubrik buat blog gue yang berjudul quote games, isinya tentang quote-quote dari mereka yang sebagian serius ada juga yang nggak serius, tapi kali ini sepertinya serius. Walaupun serius udah bubar. Gue sih berharap setelah kalian baca quote dari mereka kalian bisa memaknai sebuah kegagalan. 

Dan inilah mereka...


Mei Wulandari @meifariwis

blog
Kak mei adalah teman satu komuniatas blogger yang udah punya pendamping hidup, makannya gue panggil dia ‘kak’ karena dia lebih tua dari gue, biar kelihatan nggak tua-tua amat jadi dia gue panggil ‘kak mei’. Gue mewawancarai kak mei cukup singkat padat dan berisi, via BBM. Kebeltulan gue punya pin-nya. 

“Kak mei boleh nanya nggak?”
“Yuhui”
“Menurut kak mei, gagal itu apa sih?”
Menurutku gagal adalah usaha yang kurang maksimal
“Makasih kak mei, semoga liburannya menyenangan” *pake emot senyum*.
“Udah gitu ajah? hehe. Oke deh sama-sama jangan lupa join GAku yah” tetep, promosi.

Menurut kak mei, gagal adalah usaha yang kurang maksimal. Kadang untuk menggapi apa yang kita mau kita harus memaksimalkan usaha kita, seperti apa yang dikatakan kak mei. Karena kita hidup nggak sendirian, banyak yang berhasil karena memaksimalkan usahanya dalam meraih impian. Kita bisa belajar dari mereka yang berhasil, bagaimana caranya memaksimalkan usaha kita.

Edotz Herjunotz @Edotzherjunotz

blog
Dia adalah mahasiswa yang gagal gaul, tapi beberapa hari yang lalu dia udah nerbitin buku ke duanya setelah Cancut Marut, yaitu SKRIPSI. Dan bersamaan dengan terbitnya buku ke dua dan baru kemaren-kemaren dia wisuda dia melepas gelar mahasiswanya, dan menggantinya dengan ‘lelaki gagal gaul’. Edotz udah gue anggep kakak gue sendiri, di dunia per-blog-an kita kakak-adean, walopun gue belum pernah bertemu dengan sosok anehnya secara langsung, gue tau dia baik. Baik-baikin dosen pembimbing biar cepet lulus..

“Bang, gue mau tanya-tanya boleh?”
“Oke apaan?”
“Menurut bang edotz, ‘gagal’ itu apa sih?
Gagal itu baik, biar kita bisa belajar menerima kenyataan dan tau gimana nikmatnya ngerasain yang namanya keberhasilan setelah sebelumnya bertemu kegagalan, itu ajah sih” *pake emot nyengir*.
“Haha, oke deh bang , sebelumnya maksaih nih yah”
“Sama-sama”

Gampang banget emang nanyain ‘gagal’ sama orang yang abis wisuda, karena sebelum wisuda dia nyusun skripsi, disitulah banyak kegagalan terjadi, makannya ada yang namanya revisi. Dan quote yang bang Edotz berikan seolah gambaran dirinya sendiri, ketika dia berjuang mengejar apa yang dia mau, yaitu wisuda di bulan desember ini. Ahh, gue sok tau… tapi bodo amat lah…  

Meyke santoso @meykke_santoso
Perempuan asal ambarawa, semarang jawa tengah ini sama kaya bang edotz dan kak mei, temen satu komunitas blog juga. Dia sekarang merantau di bekasi, disana dia menjadi seorang pengajar di salah satu English course di daerah bekasi, dia juga udah malang melintang di dunia ajar-mengajar. Karena dia juga adalah lulusan keguruan bahasa inggris. Bener nggak mey? Takut salah gue… 

“Mey mau nanya boleh?”
“Apah pik?” pake ‘h’ biar mesrahh.
“Mey, menurut kamu gagal itu apa sih?”
Gagal itu penguatan diri menuju keberhasilan yang tertunda
“Widih keren . Oke, mey makasaih yah udah mau ngasih quote-nya”
“Iya pik sama-sama”

Ketika kita gagal mungkin kita sedang di berikan kekuatan untuk keberhasilan kita yang sementara di tunda oleh tuhan, itu yang gue tangkep dari quote-nya meyke. Mungkin tujuannya ketika kita berhasil, kita tau proses dalam menggapainya jadi keberhasilan yang kita dapatkan akan bertahan bahkan akan menanjak naik. 

Galih Hidayatullah @mas_aih

Seorang kuli panggul kata pengais makna dari tumpukan aksara. Berharap segala hal yang ada dalam dirinya mampu memberikan manfaat bagi semesta yang mengelilingi hidup dan kehidupannya. Itulah yang ada di bio-blog-nya waktu pertama kali gue main ke blognya. Dia adalah seorang blogger kaya gue juga. Iya,  gue juga blogger, percayalah. Buat yang belum tau blognya, kesini nih

Cukup lama mendapatkan jawaban dari mas aih ini, dari tanggal 25 desmber lalu gue mewawancarai mas aih dan baru di jawab setelah tanggal 26, lama yah. Tapi bukan masalah waktu untuk mendapatak quote dari mas aih hanya perlu sabar ajah, soalnya dia juga nggak setiap saat punya waktu luang, apalagi membalas wawancara nggak jelas dari gue, via e-mail.



Dan inilah ketika dia gue tanyain, ‘gagal itu apa sih?’.

Fail is fail. Yang kemudian menjadikan kegagalan sebagai sebuah makna hanya ketika kau mau bangkit dan percaya, bahwa kegagalan yang kau alami adalah proses mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru, agar kau dapat memperbaiki diri sehingga tak akan mengulang kesalahan dan kegagalan lagi.

Kegagalan adalah hasil, belajar dari kegagalan adalah bagian dari proses dalam mengupayakan keberhasilan. Berbaik sangkalah dengan kegagalan, sebab hanya ketika gagal kau akan mengerti bahwa yang kau lakukan adalah keliru. Dari sanalah pembelajaran dimulai. - @mas_aih

Mas aih baik banget, nggak usah gue jelasin lagi apa yang mas aih maksud. Dia udah ngejelasin sendiri tentang apa yang dia tulis.

-------

The end of this post 

Terimakasih buat ke empat orang yang mau gue wawancarai dengan sukarela. Semoga apa yang gue bahas menjadikan kita sadar, kegagalan pasti menghampiri, tapi jangan menjadikannya sebuah momok menakutkan biarkan dia menjadi sebuah bumbu pelengkap dalam masakan yang nantinya akan menghasilkan rasa. 

I do not believe in failure. It is not failure if you enjoyed the process.
-Oprah Winfrey

Nikmatin ajah ‘gagal’ yang kalian dapatkan, anggap itu adalah sebuah proses. Yang mau nyumbang quote, tulis ajah di komentar. :) 

source


Note, wawancara yang di tulis sudah disesuaikan sesuai kebutuhan.

Komentar

  1. dinikmatin aja semuanya. gagal itu perlu. supaya kita tau gimana manisnya keberhasilan. tapi jgn terus gagal juga ya. kalau udah gagal, ya diperbaiki

    BalasHapus
  2. Kegagalan adalah apa? Untuk apa menanyakan kegagalan...
    Kegagalan itu tidak ada, yang ada hanyalah “keberhasilan” yang tak kunjung datang. Seperti dingin, hakekatnya karena tidak ada panas. Dalam ilmu fisika tak pernah dijelaskan malam, yang dijelaskan hanyalah siang soal matahari dan ketiadaan matahari, yang disebut malam. Jadi, malam ngga ada..

    Buanglah jauh-jauh teman dari kata ‘gagal’, apalagi kata-kata “gagal total”.. ayolah bangkit, ayolah hentakkan langkah, merasa gagal akan membuatmu tambah terpuruk... ayo bangkit..kamu bisa,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal juga bisa buat pelajaran kok bang, eamng abang sendiri nggak pernah gagal? kita nggak bisa jauh2 dari gagal, pasti datang hanya masalah waktu

      Hapus
    2. iya setuju.. kita belajar dari kegagalan yang menghantarkan kepada keberhasilan..

      Hapus
  3. aaaaaaaa..... ada namaku di sana :) "duh terharu
    iih pake dibilangin segala aku dah punya pendamping hidup, kan dkalo di dunia maya pengin keliatan masih muda hgitu heheheh
    lagian umurku kan masih 23 hehehe
    btww,, quote-nya keren2...
    sukses Pik bikin rubrik2 kayak gini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan nangis kak mei :')

      udah tua ngakunya muda aja nih hahahahaha

      Hapus
    2. beh,,, jangan bilang aku tua!!!! eeeeeerrrrrrrrrrr

      masih unyu gini lho Pik, please deh hehehe

      btw mudah2an kata gagal itu bisa menjadikan kita banyak belajar ya Pik, okeee

      Hapus
  4. Uyeaaaah.... hore ada gue. @.@
    Iya emng gagal itu proses penguatan yg mgkin bsa jdi usaha yg krng maksimal ato jln yg ditmpuh tyta keliru..hanya sja stelah berkali gagal lalu sukses itu feelnya lbh dapet dn rsa bersyukurnya itu lbh bsar drpda skalu nyoba lgsung berhasil. Juga, bangganya itu berlipat lipat ganda dn untk kegagalan k dpannya qt uda smakin kuat krna ida kepoles. Iy, jgn tkut gagal. Tidak gagal tidak belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kapok ya ntar gue tanya2ain lagi tapi dengan tema yg berbeda dan waktunya jug gak tau kapan hahahaha

      Hapus
  5. Gagal itu sebenarnya gak ada. Gagal hanya untuk orang2 yg menyerah. Jadi kalo kita Gak menyerah dalam hidup. KITA TIDAK BOLEH GAGAL! #tsahhh

    Wahh kerenn.. Rubriknya jalan terus. Keep Blogging pik. 'O')9

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuissshh... quotenya cucokk haha

      makasih bang, lo juga bersama wawancara lo itu

      Hapus
  6. setuju banget ada rubrik kek gini.. keren lo bang pandu. gue jadi banyak belajar nih..

    gue setuju sama keempat-empatnya..
    gue keknya gaperlu nyumbang quote, deh, sudah dijelasin semua sama empat orang yang kamu wawancarai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. panggil ajah tofik bro, ehh kok nama lo ada 'dwi-dwi'-nya? anak kedua lo yah haha

      Hapus
  7. gagal itu ada agar kita bisa lebih menghargai keberhasilan.. sama seperti yin yang, ada hitam ada putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngambil filosofi cina.. lo orng cina yah.. haw xiang haw xiang itu artinyaa aa yah haha

      Hapus
  8. Gue keliatan unyu di atas. Sok cool banget jawaban gue..
    Tapi emang yang namanya gagal itu udah jadi bagian hidup dan mau gak mau kadang harus dirasain..

    Makasih dek Topik buat kesempatan nongol di blognya.. Kak Edotz suka deh... (ʃ⌣ƪ)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kak edotz.. Haha gue manggil lo kakak ke dua ajah gimana bang.. :D

      Hapus
  9. Dari keempat quote dari keempat narasumber, sebenernya intinya sama ajasih. Gue jadi tau satu hal, teori gagal itu udah terlalu mainstream. Jadi yg harus ditanyakan adalah: berhasil itu apasih?

    Berhasil adalah, sesuatu yang enggak gagal. Keren kan bang quote gue._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhasil itu ketika gagal tadi di cerna dengan baik.. Asikk..

      Lo buat post sendiri ajah hud, tuh temanya udah ada..

      Hapus
  10. keren loh pik rubrik2 kamu yang kayak gini..pertahanin ya...
    yah hampir semuanya sama sih tentang kegagalan itu apa...
    btw quotesnya bang galih itu susah dipahami kalo baru sekali baca... tapi bagus dan keliatan kalo bahasanya tertata...hmm..

    BalasHapus
  11. Iya mif, makasih.m emng hampir sama karena dalam tema yg sama.. :))

    Oke deh..

    BalasHapus
  12. Wah kalo aku pribadi sih bang, aku gak bisa mendeskripsikan gagal itu seperti apa. Aku sependapat sama si Oprah, pada dasarnya gagal itu gak ada ... yang ada itu hanya "Belum saatnya" kalo gagal, itu berarti ia gak punya kesempatan lagi. yahhh begitulah :D
    woss wosss wosss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh.. Si oprah, lu kira dia temen lo apa hahaha dia tua tau.. Panggil oma kek -_-

      Hapus
  13. setuju deh sama semua pendapat, tapi paling keren tu pendapat galih, hhe gw kmren smpat kepoin xan dtwitter, kirain wawancara apaan, rupanya ini. ya begitulah kalau kita ngomongin kegagalan, gw pun baru tau kalau yg punya KFC smpat gagal 1007 kali. kalau gw mungkin 10x aja udah kebanyakan. makasih loh artikelnya, ini mmbuat gw sadar kalau keberhasilan itu emang gak mudah dicapai ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 kali buat anak muda emng terasa berat, kan waktu kolonel sanders gagal dia udah di usia cukup matang untuk berfikir kalo gagal itu proses..

      Hapus
  14. Wih aku juga pernah denger nih cerita KFC. Menurut gue gagal itu ya gagal itu proses menuju kesuksesan. Ketika kita gak pernah gagal kita gak bakalan tau yang namanya kesuksesan :)))

    BalasHapus
  15. bener kaya yang lo bilang. gagal itu jalan menuju kesuksesan. kalo gue boleh berpendapat, gagal menurut gue itu ibarat membuat pedang. prosesnya harus dipukul sedemikian rupa trus dibakar di bara api, itulah kegagalan tapi dgn itu kita jadi pribadi yg lbh baik. baik disini bisa dalam berhasil, sukses atau dll :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke bang makasih udah nyumbang pedang besinya. Haha

      Hapus
  16. KFCnya bikin ngiler kakak :9

    Ngomong-ngomong soal gagal, kalo kita mencoba sesuatu dan gak gagal dulu itu gak enak loh. kita gak bisa ngrasain galaunya kegagalan itu, ngrasain betapa kita diberi cobaan, dan kalau kita gak gagal idup kita pasti lempeng - lempeng aja. Itu gak enak bro..
    dengan kegagalan kita bisa mengkoreksi diri kita, dan tentunya bisa lebih bersyukur kepada tuhan :)

    BalasHapus
  17. kok saya gak diwawancarin juuga sih pic hehe kalau #eh gagal menurut saya gagal itu adalah suatu proses menunju puncak keberhasilan.. setahu saya tak ada orang yang sukses saat ini yang tak pernah gagal,, justru orang-orang sukses mereka itulah yang belajar dari kegagalan,, setuju gak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.