iklan

Create Your Own Success Story




Setiap blogger mungkin hampir bisa dipastikan punya keinginan untuk membuat sebuah buku. Terlebih blogger tersebut adalah blogger personal. Apalagi untuk blogger yang isi blognya membahas tentang daily life. Motivasi ingin membuat bukunya sangat besar. Karena kiblat seorang blogger personal (yang ngomongin kehidupannya) yang sukses saat ini menurut penglihatan gue ada pada Radit. Berawal dari seorang blogger dia bisa nerbitin buku, jadi stand up comedian dan sekarang dia main film, juga jadi produser film, terakhir dia punya acara sendiri di trans 7 dan tipi yang dulunya terkenal akan naga dan elang.


What’s next Radit?


Mungkin suatu saat dia bakal jadi produser FTV atau sinetron. Peluang itu masih terbuka lebar. Dan gue yakin kalau Radit jadi sutradara, ketika dia bikin sinetron nggak akan ada adegan anak SMP atau anak SMA berangkat sekolah tiba-tiba jadi serigala. Serigala bakal di ilangin dan diganti sama kucing..


Nggak salah kalau menjadikan Radit sebagai role model seorang blogger yang sukses. Tapi jangan lupa masih banyak blogger lain yang juga sama suksesnya. Nggak mesti nerbitin buku. Kan banyak juga blogger yang hidup dari blog mereka. Tapi nggak dilarang juga. Intinya sukseslah dengan cara kalian sendiri.

Tapi mari kita ngomongin blogger atau orang yang mengkuti jejak sang role model. Banyak yang mengikuti jejak Radit dan akhirnya berhasil: jadi blogger kemudian bikin buku. Malah ada yang udah bikin film juga. Yah, Alit Susanto. Alit adalah fansnya Radit. Mungkin itu juga bisa terjadi pada kalian. Kalau kalian mau, pasti bisa. Gue yakin. Kuncinya semangat dan jangan menyerah, juga do’a orang tua.

Nah kalau yang dua orang tadi mungkin umurnya udah (maaf ya bang) agak berumur. Kita pasti tahu si Kevin. Kevin itu karirnya keren banget, nanjak terus. Sekarang dia udah main film. Update berita terbaru, dia baru ajah dapet piala IBOMA (Indonesia Box Office Movie Awards) kategori Pendatang Baru Pria Terbaik. *Big applause*. Pemuda berbakat. Dulu dia suka komen di blog gue. Tapi sekarang mungkin blogwalking pun jarang. Mungkin karena kesibukanya. Karena dia sekarang bukan cuman blogger, tapi juga Youtuber, Instagramer, dan pemainpilemer. Semangat terus Kevin.

Pertanyaannya mungkin nggak sih blogger-blogger lain bisa kayak mereka, atau blogger lain yang sukses (maaf kalau gue nggak sebut disini)?

Bisa banget. Seperti yang udah gue bilang jangan nyerah kalau menemui masalah tetep semangat dan juga minta do’a orang tua. Terus gimana kalau belum bisa jadi blogger sukses kayak mereka?

Sukses itu kan relative, setiap orang bisa beda-beda kriteria suksesnya: ada yang udah sukses kalau dia bisa dapetin pacar orang, ada yang sukses kalau dia makan cabe sepuluh biji tapi gorengannya setengah dan ada juga yang sukses kalau dia punya celana dalam terbaru Calvin Klien (walaupun KW). Banyak lah pokoknya. Nah itulah gunanya kita bikin target. Bikin goal. 

source
Apa sih target kita? Misalkan tahun ini, targetnya naskah kita selesai dan dikirim ke penerbit kamudian terbit dan bla bla bla… nah wujudkanlah itu. Atau misalkan bulan ini kita mau angka visitor blog terus naik sampai di angka 20 ribu visitor per hari. 


Wujudkan lah goal itu. Kemudian cari jalan dan bikin rencananya seperti apa untuk sampai ke tujuan itu. Dan itulah yang akan jadi patokan kita: sukses apa belum.

Tapi gimana kalau masih jauh dari Radit, Alit dan Kevin. Atau bisa dibilang belum sukses lah?

Senggaknya kita udah berusaha dan kita udah bisa mencapai apa yang ditargetkan. Hargailah usaha kalian sendiri. Tinggal bikin target selanjutanya ajah. Mereka juga melakukan apa yang kita lakukan sekarang. Radit dulu juga sama sebelum jadi kayak sekarang, dia ngepost blog, bikin postingan, mungkin blogwalking juga dan aktifitas yang biasa blogger lakukan. Alit gitu, pun Kevin.

Nikmatin ajah prosesnya. Kalau yang belum bisa tembus ke penerbit misalnya, coba dilihat lagi. Mungkin tulisannya kurang enak dibaca. Jangan dikasih mecin. Anggaplah itu sebagai peluang untuk belajar lebih giat lagi. Terus belajar sampai tulisan kita bagus. Gue juga sedang belajar menulis dengan enak dan asik buat dibaca.

Saran gue sih mending kita jangan langsung ‘pengen’ jadi kayak mereka yang sukses-sukses itu. Tapi pelajari kenapa mereka bisa seperti itu. Alur suksesnya gimana, prosesnya seperti apa. Dan menurut gue  pasti mereka juga punya dream dan punya keinginan akan menjadi diri mereka yang sekarang. Boleh kita jadiin orang yang udah sukses itu sebagai patokan usaha yang udah kita lakukan tapi kita juga mesti inget untuk jadi seperti mereka butuh waktu, tenaga, dan usaha. 

source

Gue yakin masing-masing dari kita punya cerita sukses tersendiri. Gue juga ngerasa udah lumayan sukses jadi blogger walaupun belum dapet uang jutaan dari ngeblog. Gue emang belum bisa sukses sepenuhnya, tapi dari tulisan ini gue mau ngasih tahu kalian yang mungkin ajah udah nyerah atau lagi berjuang. Ini lah polanya, orang sukses itu nggak langsung jadi gitu ajah, ada gagal, ditolak, susah, cape dan hal-hal nggak mengenakan lainnya. Kayak gambar diatas.

Tapi sekarang gue ngerasa dapet banyak hal dari ngeblog. Nggak cuman materi. Yang paling mahal selama gue ngeblog yang pernah gue dapatkan adalah bisa kenal, akrab dan berinteraksi dengaan sesama blogger lain beda kota, beda kabupaten, beda provinsi, dan beda kelamin. Asik banget bisa sharing sama mereka, bisa nanya-nanya tentang ngeblog sama mereka dan lain-lain. Itulah letak kemahalannya. Gue berdo’a semoga gue bisa benar-benar dipertemukan dengan  mereka dalam satu tempat, suatu saat.

Punya idola dan berharap menjadi seperti mereka sah-sah ajah, asalkan itu positif. Tapi kita harus sadar, setiap orang  berbeda, setiap orang akan mempunyai kisah sukses mereka sendiri. Ketika kita belum bisa atau gagal sama sekali itulah yang akan jadi kisah sukses kita nanti, asalkan jangan berhenti buat terus bikin karya, terus berusaha.

Keep struggle!

Komentar

  1. Mantaplah artikelnya. Memotivasi banget..

    BalasHapus
  2. Duh. Terharu. Kevin dapet award kemaren. Si anak ajaib. :D

    Saya masih harus berjuang keras untuk berada di level yang sama dengan Alitt, Kevin dan Radith. Penulis kebanggaan Bukune dan Gagasmedia. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. teruslah berjuang bang, semoga lo juga bisa jadi kayak mereka.. keep fighting

      Hapus
  3. hmm, bener-bener memotivasi banget nih Bang pik. kalau menurutku sih semua blogger emang pengen jadi ketiga orang diatas itu. tapi syaratnya yaa harus nikmatin juga prosesnya.

    postingan ini cocok banget nih buat memotivasi yang sekarang jarang ngeblog. suruh mereka baca ini aja deh bang, mungkin ntar bisa semangat lagi gitu ngeblognya haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo jangan jarang-jarang ngeblog ya zam, pamali hahaha

      Hapus
  4. Baca ini kaya mompa semangat banget buat bisa kaya mereka, tulisan mereka juga bagus di blognya atau di bukunya. Kalau ngeliat yang kaya gitu tuh emang bikin iri, cuma ga bisa instan jadi ya ngikutin prosesnya aja dulu. Rajin nulis, semangat blogwalking, sama terus doa sih biar terwujud.

    BalasHapus
  5. Semua blogger pasti seneng kalau bisa sukses kayak mereka bertiga. Tapi yg susah dari perjuangan itu adalah usaha untuk terus bertahan dan memperbaiki setiap kesalahan kita. Kayak gambar iceberg itu pik, dedikasi, disiplin, komitmen perlu banget kita pertahankan. Bukannya g bisa, tapi ngelakoninya buat dipertahankan itu banyak banget krikil kecil yg nylekit di kaki. Kayak, ah males, besok aja.. Itu sering banget dirasain.
    Aku harap yg baca tulisanmu ini seperti kena charge lagi biar g lupa buat nulis, kalau aku berterimakasih banget karena udah dimotivasi biar terus nulis. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mbak pipit ini bisa terus menulis sepanjang hidupnya. dan nanti bisa jadi penulis terkenal

      Hapus
  6. ya... setuju setuju setuju. yang namanya blogger personal, pasti erat kaitannya dengan tulisan daily life. dan bergerak dari situ, ada keinginan untuk membuat buku yang bergenre personal literature. dan... untuk membuat buku, harus ada target menyelesaikan naskah. dan "target" itu memang benar2 penting men.

    BalasHapus
  7. Gue baru nyadar. Kalau dipikir pikir mereka juga lahir dari blogger. Tapi tanpa kerja keras mereka gak bakal sesukses sekarang. Apalagi radit sama alit, dari yang dulunya naskah pernah di tolak, eh sekarang malah dikejar kejar penerbit.

    Satu lagi konsisten. Mereka yang disebut in tadi itu udah terkenal. Duit ngalir terus, kesibukan padeet tapi mereka tetap nge blog. Salut.

    Ini yang gambar iceberg ilussion gue save deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lah mereka juga sama kayak kita sekarang, makanya kita itu sebenanrya udah satu langkah memijakan kaki. yaitu jadi blogger tinggal langkah selanjutnya mau kemana dan jadi apa..
      itu..

      Hapus
  8. Motivasi banget, kereen..
    Kenapa gak jadi pesaingnya mario teguh aja bang? Kan keren tuh..

    Oh iya, itu esnya bisa mencair gak kalo di padang pasir? Gimana kalo dirumah makan padang?

    BalasHapus
  9. wah ini nih yg gue cari. jarang2 blogger ngasih motivasi tentang tema karir ngeblognya. sukses terus deh buat kita semua. btw motivasinya gue suka banget.

    BalasHapus
  10. Baru kali ini main ke blog nya Tofik .. padahal dulu waktu saya pertama masuk BE kayaknya yang ngerespon duluan Tofik deh.
    Iya nih.. ayo semua blogger semangat nulisnya yaaa ... semoga Tofik juga tercapai cita-citanya ya. Aamiin.

    BalasHapus
  11. Ada kesan yang gak bisa gue tulis di materi ini, bg. Terutama soal bagaimana Pahitnya sebuah perjuangan. Gue menyadari, usia ngeblog emang gak jadi jaminan seseorang bakalan sukses dengan targetnya. Tapi, pada kenyataanya, memang waktu yang menentukan seberapa besar kita mampu bertahan untuk terus berkarya. Ya, mungkin awalnya hanya untuk berbagi. Tapi, pada akhirnya, tidak ada salahnya jika ini bisa menjadi sebuah keberhasilan.

    Gue sependapat sama apa yg bg Tofik bilang soal "Pelajari cara mereka sukses, bukan apa yg sudah mereka hasilkan." Dari awal kenal blog. Gue pertamakalinya ngebaca buku salah satu blogger. Gak tau namanya siapa. Baru, kedua gue baca buku Radit. Ya, buku pertamanya itu. Sejak saat itu, yg terlintas di pikiran gue adalah Mereka kok, bisa, ya? Kenapa gue nggak?

    Akhirnya gue nyoba dengan nulis apa aja yg bisa dan mampu gue tulis. Sampai sekarang. Soal berhasil atau enggak, semua pencapaian demi pencapain udah gue mulai dapet. Namanya juga manusia, gak akan pernah puas. Begitu juga gue. Masih ada banyak pencapaian yg belum gue ambil. Terimakasih sudah memotivasi melalui tulisan ini, bg. Maaf kalo komentarnya kepanjangan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah untuk tetap bertahan ya kita bikin goal dulu, kemudian komit sama goal kita harus pokoknya tercapai apa yang kita mau. usaha kita apa buat sampai ke goal itu. tulis dan lakukan

      Hapus
  12. Gue 100% setuju banget dengan tulisan lo ini pik. Intinya sih, kalo udah semaksimal mungkin membuat atau mengejar mimpi kita pasti nanti bakal dapet hasil yang maksimal juga. Karena hasil nggak akan mengkhianati sebuah proses :)

    #ASOYDAH

    BalasHapus
  13. Super sekali !

    Saya jadi ingat quote Stephen King: Jika kamu menunggu waktu yang tepat untuk memulai suatu tulisan, kamu tidak akan pernah menghasilkan satu tulisan apapun.

    Jaga terus semangatnya tetap membara, ya bang?

    Ayo, terus berkarya !

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke Yon semangat terus. jaangan loyo, jangan galau mulu

      Hapus
  14. Raditya dika memang menjadi suhu dalam dunia blogger ini secara dia sudah sukses lebih dulu dan karirnya juga bagus banget jam terbangnya. salut sama dia.

    Karena sukses bisa di mulai dari mana saja apalagi ada sosok yang selalu menginspirasi yang menjadi dorongan buat diri sendiri agar lebih baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semanat terus zie, inget radit inget perjuangan dia selama bertahun-tahun untuk jadi seperti sekarang..

      Hapus
  15. WAAHH.... jadi berasa dapat siraman ohani prihal ngeblog baacaa post ini.

    kalo ngomongin prestasi RD emang bikin nganga. dari awalnya blogger sampai ke TV. kerativitas nya kayak nggak abis-abis yak.

    Btw acara apaan di trans TV? gue udah lama ga nonton tv, semenjak kuliah lagi ini -__-

    BalasHapus
  16. Sedikit banyaknya setuju sih bang, kalo orang yang nge Blog kebanyakan termotivasi sama bang Raditya Dika.

    Tapi kalo gue pribadi, nge Blog sih ya buat iseng aja, buat seneng-seneng aja. Ga ter obsesi sama si Radit.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.