iklan

3 Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome



Saya sering lupa password akun-akun media sosial yang saya miliki. Bukan karena saking banyaknya. Malah sedikit. Tapi yang jarang orang perhatikan adalah justru bukan hanya faktor banyaknya akun saja melainkan karena sering dan asiknya kita bermain sosial media sampai lupa apa atau berapa passwordnya.

Apalagi kita tidak mencatatnya karena berbagai alasan, salah satunya karena mencatat password itu cemen. Hehe..

Tapi untungnya browser yang sering kita pakai memiliki fitur untuk menyimpan pasword akun-akun apapun yang kita miliki. Salah satunya Google Chrome. Ini sering saya pakai.


Sama seperti halnya Firefox atau browser lainnya, Google Chrome juga mempunyai fitur penyimpanan yang berisikan data password dan username segala jenis akun. Data ini memang dengan sengaja disimpan oleh peramban saat pengguna mengakses layanan online, tentunya setelah memperoleh persetujuan.

Terus.. bagaimana caranya melihat password yang kebetulan kita lupa itu?

Simak..


Cara 1

Klik tombol menu di kanan atas, kemudian klik Settings.



Di jendela baru klik tautan Show advanced settings – Manage passwords.




Maka muncullan sebuah jendela dialog baru yang berisikan semua informasi akun, terdiri dari nama pengguna dan kata sandi. Di sebelah kanan terdapat form pencarian untuk membantu Anda menemukan layanan tertentu.


Secara default sistem akan menutup karakter password yang tersimpan. Untuk melihat informasi detailnya, arahkan kursor ke kotak sandi dan klik Show. Tapi untuk bisa melihat konten aslinya, Anda harus memasukkan akun administrator komputer terlebih dahulu.


Cara 2

Ternyata saya baru tahu ada beberapa perbedaan tata letak Manage Password pada beberapa Chrome mungkin karena berbeda versi atau beda operating system, mungkin.

Jika tidak mempan cara 1 maka lakukan langkah berikut ini.

Klik tombol Settings



klik tombol segitiga mring warna abu-abu itu
lihat password klik gambar mata



Cara 3

Nah ini adalah cara pamungkas ketika Anda sudah benar-benar bingung seperti yang saya rasakan. 

Jika masih susah juga mending copy-paste link ini >> chrome://settings/passwords


Kemudian enter

Anda akan langsung dibawa ke halaman Password 

Sekian tips kali ini. Semoga bisa membantu. Jika bermanfaat sebarkan atau kasih tahu yang lain juga. Mencatat password itu tidaklah cemen teman-teman. Daripada nanti kalian lupa mending catat saja di notes smartphone atau notes konfensional alias di buku.


source:
Google 
https://dailysocial.id

Komentar

  1. Alhamdulillah, selama daftar akun apa pun, hanya pake satu username dan password yang itu-itu saja. Jadi jarang banget mengalami lupa password. Kecuali untuk aplikasi yang tahunan udah gak pernah dibuka, lalu sekarang mau dibuka, pasti udah lupa password nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.