iklan

3 Wisata Kuliner Solo yang Bikin Kamu Jatuh Cinta Pada Kota Kecil Ini

Temukan kenyamanan dan kemudahan terbang antar kota dengan pesawat Nam Air. Rute penerbangan terlengkap dengan berbagai harga termurah yang mendukung kegiatan liburan dan traveling.


Saat liburan ke Solo, yang ada dalam benak kita tentu saja wisata budaya dan sejarahnya. Namun, Solo adalah kota yang unik. Kekayaan budaya dan sejarah tesebut tidak hanya dapat kita napak tilas di museum-museum saja. Solo juga punya banyak kuliner bersejarah yang sudah ada sejak jaman dulu.

Kuliner-kuliner berusia puluhan tahun ini pun masih bertahan dan dilestarikan. Sehingga, walaupun banyak makanan yang sudah semakin modern resep dan penampilannya, makanan khas ini tetap menjadi ikon makanan kota Solo. Asli Solo dan hanya ada di Solo.

Nah, bagi kamu yang penasar makanan apa saja itu? berikut 5 menu pilihan. Tapi, sebelumnya kamu dpesan dulu tiket pesawat Nam Air buat sampai ke sana.

1. Sop Manten
Sop Manten dalam bahasa Indonesia artinya Sup Pengantin. Namanya saja unik, kan?

sumber:kedaicurhattehninik.blogspot.com

Pada jamannya, saat resepsi pernikahan, masyarakat solo akan menyajikan Sop Manten ini sebagai makanan pembuka bagi para tamu. Isian sop dengan kuah kaldu ayam dan bawang putih ini memang seperti sop pada umumnya, ada makroni, ayam, kembang kol, dan wortel. Bedanya, kentang pada sop ini tidak direbus bersama isian sop lainnya, melainkan digoreng terlebih dahulu dan baru dimasukan saat penyajian.

Kini, menikmati Sop Manten di Solo tidak perlu menunggu acara hajatan dulu. Kita cukup datang saja ke warung-warung makan atau restoran yang menyajikan menu khas Solo tersebut. Kehangatan kuahnya juga sangat cocok untuk kuliner malam.

2. Gudeg Ceker
Bagi pecinta Gudeg, saat ke Solo wajib mencoba Gudeg Ceker.

sumber:ensiklopediaindonesia.com

Gudeg ini merupakan perpaduan antara nangka muda dan ceker ayam. Padahal, pada umumnya gudeg memadukan nangka muda dan daging sapi. Namun, keunikan Gudeg Ceker bukan ada pada perbedaan bahan utama daginya saja, melainkan karena bagian daging ayam yang diambil di sini adalah cekernya. Rasanya yang unik dan enak dijamin nagih, bikin nambah lagi!

Bagi yang bingung mencari tempat makan Gudeg Ceker di Solo yang enak dimana, kalian bisa mencoba Gudeg Cakar Mergoyudan Bu Kasno. Tempat ini sangat direkomendasikan oleh para penggila kuliner.

Kuliner ini dinilai bersejarah karena Bu Kusno mewarisi resep dari sang ibu sejak tahun 1932 dan mulai berjualan sejak tahun 1970. FYI, warung ini merupakan kuliner malam yang baru buka sekitar jam 1:20 dini hari. Tapi, antriannya yang panjang biasanya sudah dimulai sejak jam 1. Jadi kalau mau dapat barisan paling depan, setidaknya kamu sudah harus di lokasi sejak awal bersama para pemburu kuliner malam yang lainnya.


3. Cabuk Rambak
Namanya unik dan seram, kan? Tapi ingat, ini Cabuk bukan Cambuk.

sumber:trubus.id

Cabuk adalah parutan kelapa dan wijen sangrai yang ditumbuk dengan berbagai rempah dan dimasak hingga menjadi kuah. Sedangkan rambak, merupakan kerupuk kulit, baik itu kulit sapi maupun kerbau.

Bagi yang suka rambak asli, kalian harus mencari warung makan yang menyajikan menu aslinya tersebut. Namun, bagi yang tidak terlalu suka rambak, kalian bisa menemukannya dengan mudah.

Cabuk rambak yang tersaji di kaki lima atau warung makan yang ada saat ini biasanya sudah dimodifikasi. Rambaknya diganti dengan ketupat gendar dan tambahan kerupuk rambaknya pun diganti dengan kerupuk kerak.

Jangan berpikir penyajian kuliner yang satu ini di mangkok atau piring! Penyajiannya masih ala dulu, yaitu dipincuk menggunakan daun pisang.

Gimana, bikin ngiler? Padahal itu baru sebagian. Masih banyak menu makanan asli Solo lainnya yang harus kamu coba sambil mengeksplorasi berbagai tempat wisata di sini. Beli tiket pesawat Nam Air incaran kamu sekarang juga.

Komentar

  1. Lebih tergiur sama cabuk rambak. Namanya aneh tapi keliatannya enak bang. Hehe..

    BalasHapus
  2. www.bolavita.pro agen sabung ayam online dan judi bola online
    Link Alternatif Sabung Ayam S128 :

    www.sabungonline.org
    www.ayamsabungonline.com
    www.sabung-online.com
    www.sabung-online.net
    www.sabung-online.org
    www.onlinesabungayam.net

    Wechat : Bolavita
    WA : 081377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM : D1A1E6DF / D8DB1C57 / BOLAVITA

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.