iklan

3 Tahapan Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Belanja Online



Kemajuan teknologi khususnya di bidang telekomunikasi dan jaringan internet membuat kita semakin berkembang, dan dampaknya berkembang juga di bidang ekonomi. Banyak toko konvensional (offline) juga mempunyai toko online. Semuanya serba online termasuk dalam hal berbelanja. Belanja online di zaman sekarang sangat mudah, ditambah dengan menjamurnya toko-toko online yang menjual berbagai kebutuhan, membuat kita mempunyai banyak referensi toko online yang menjual barang sejenis – yang kita inginkan – atau pun barang yang berbeda.

Karena saking banyaknya toko online yang menjual barang yang sama, mungkin kita juga bingung apa yang harus kita lakukan supaya tidak takut atau was-was katika berbelanja online. Gue pun mengalami hal yang sama ketika pertama kali mencoba belanja online. Ditambah gue nggak tahu apa yang harus dilakukan sebelum gue belanja online waktu itu.

Setelah dipikir-pikir untuk  apa gue takut, yang harus gue lakukan adalah melakukan check and recheck.

1. Cek toko online
source

Kenapa sih kita melakukan cek toko online? Perlu kita ketahui – mungkin udah banyak yang tahu juga – ada banyak kasus penipuan di dunia maya dan salah satunya menggunakan modus toko online ini. Itulah yang menyebabkan banyak orang agak takut. Makanya gue berasumsi lebih baik kita teliti dulu mana toko online yang kridibel dan mana toko online yang abal-abal. Setidaknya kita sudah punya pola pencegahan yang membuat kita aman dalam berbelanja online.

Cek toko juga membuat kita tahu toko online mana saja yang pelayanannya bagus dan responnya cepat.

2. Cek kualitas barang
source

Ini juga sangat penting untuk dilakukan dengan sangat teliti. Kadang kualitas barang di toko satu dan yang lainnya sangat berbeda walaupun ada yang kualitasnya sama. Hanya saja cukup sulit untuk melihat kondisi barang di toko online untuk memastikan kualitas barang dari bahan baku misalnya. Karena di toko online hanya tersedia gambar saja.

Sebenanya ada beberapa cara untuk memastikan kualitas barang. Di profil barang atau keterangan barang yang tertera, kita bias lihat spesifikasinya. Kualitas handphone misalnya, kita bisa melihat speknya seperti apa, RAM-nya berapa, ROM-nya berapa dan kualitas suara dan juga jaringannya, pasti dicantumkan.

Bagaimana kalau ternyata sampai di tangan kita barangnya tidak sesuai. Itulah kenapa di awal gue bilang ‘kita sebaiknya cek toko online dulu’, karena setiap toko online pasti berbeda-beda pelayanannya, kalau untuk kasus barang tidak sesuai kita bisa melihat seperti apa sistem returnya dan seperti apa respon toko tersebut tentang kepuasan pelanggan.

3. Cek harga ditoko online lain
Apakah harga di toko yang satu dan yang lain bisa berbeda? Tentu. Makanya untuk mensiasatinya kita bisa melihat harga ditoko-toko online lain. Apakah kita harus mengeceknya satu-persatu dari toko ke toko? Gue rasa nggak perlu kita cek setiap toko.

Sekarang sudah banyak website yang bisa membandingkan harga di toko satu dan yang lainnya. Salah satunya Priceza.co.id. Priceza.co.id adalah sebuah website untuk mencari, mengecek, dan membandingkan harga suatu produk.

Mengumpulkan informasi harga produk dari berbagai toko ternama di seluruh Indonesia bukan hanya dari toko online tapi juga dari toko offline. Priceza.co.id membantu para pembeli dalam menemukan produk yang disukai dari berbagai toko, dengan cepat dan mudah. Harga produk selalu update dan diupdate dari toko yang menjual produk tersebut.

Priceza.co.id juga membantu para pembeli dalam mencari dan mengetahui harga produk dengan cepat, mudah, dan akurat serta memberi kemudahan bagi pembeli dalam membandingkan harga suatu produk dari berbagai toko yang ada.

Apa manfaat untuk kita?


Memberi kemudahan infomasi bagi para calon pembeli dalam mencari dan memilih produk serta membandingkan harga dengan cepat dan akurat.

The end of this post, gue harap kita bisa lebih teliti lagi, lebih bisa mengembangkan rasa ingin tahu sehingga terdorong untuk mencari informasi yang benar ketimbang mengembangkan rasa takut dan rasa negatif. Seperti halnya berbelanja online, nggak perlu takut, nggak perlu was-was yang harus dilakukan adalah melakukan tahapan-tahapan yang gue sebutkan tadi.

Semoga bermanfaat. Itu ajah dari gue, komen di bawah yah.. See you next post.


Komentar

  1. Zaman sekarang emang paling enak belanja online gan :)

    BalasHapus
  2. Enak sih belanja online, tp aku sering dikecewaiin saat barangnya dateng. Engga sesuai yg di gambar :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga papa kamu dikecewain sama barang online asal jangan dikecewain cowo ajah. hahaha

      Hapus
  3. Cek harga do toko lain emang penting, tapi ribet kalau harus buka tab kebanyakan untung ada ini ya. aku juga baru tau hehehe

    BalasHapus
  4. Priceza.co.id. catet. Ternyata ada website yang bisa buat ngecek perbandingan harga gitu to. Baru tahu. Ya, meski aku jarang belanja online. Tapi boleh lah, kalau sewaktu-waktu aku mau nyari harga yang pas di kantong sewaktu beli barang lewat online shop. Praktis.

    BalasHapus
  5. Yap, akhir-akhir ini aku sering beli barang online, lebih mudah dan murah menurutku, walaupun ongkir masih menjadi kendala. untuk urusan kualitas barang itu tergantung tokonya sih, bener tipsnya harus pinter-pinter milih toko online, soalnya banyak penipuan di bisnis online ini tapi tidak sedikit juga yang memang benar-benar berbisnis. Jadi, intinya, kita harus pintar di era serba pintar ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengurangi ongkir alangkah baiknya kita harus punya kekuatan menembus lorong waktu cuy haha

      Hapus
  6. Dulu waktu belum banyak muncul toko online, gue belanja online lewat Forum Jual Beli Kaskus. Alhamdulillah seller tempat gue beli barang terbilang jujur. Karena banyak testimoni yang udah dia dapatkan.

    Kalo sekarang, gue juga tetap memperhatikan testimoni, dan memperhatikan kemana gue harus mengadu jikalau ada ketidaksesuasian barang dengan pesanan.

    Priceza bantu gue biar gak lama ngeliatin testimoni keknya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. FBJ masih eksis dan saingannya bukalapak dkk

      Hapus
  7. Betul itu, harus dipastikan apakah tokonya terpercaya atau tidak. Sebab, jual beli online itu kita tdk bs melihat barangnya langsung. Jadi sepenuhnya kita menaruh kepercayaan kepada sang penjual.

    Okay, brarti priceza.co.id itu situs yang ngumpulin harga-harga barang dari berbagai toko toh. Wuih keren nih, jadi bakal lebih mudah untuk nyari harga yang termurah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang kalau nggak bisa dipercaya mending gausah beli deh nanti nyesel

      Hapus
  8. 3 langkah yg sangat tepat bung tofik. Tapi kalo gue pribadi misalnya beli lewat olshop itu cuma baju, kalo barang elektronik kayak hp gitu gak berani. Mending cari keliling di toko hp deh. :))

    BalasHapus
  9. wih baru tau ni ada web yang bisa ngebanding harga... thx gan infonya ni..

    BalasHapus
  10. YAp, makin kesini emang makin menjamur banget toko online dimana-mana. jadi harus lebih waspada juga kalau mau beli online. cek toko online dan kualitas barang itu sangat penting sekali.

    Priceza emang solusi terbaik untuk cari harga paling pas dan bandingin harga. bahkan juga toko online dan offline pun Priceza tahu badingan harganya. lengkap deh, pokoknya.

    BalasHapus
  11. sekarang banyak toko online itu membantu untuk menghemat tenaga dan waktu. Kualitasnya juga jauh lebih bagus. Tapi banyak juga penipuan penipuannya.

    Kecuali kalo yg emang udah best seller , nah itu baru sipp

    BalasHapus
  12. membandingkan harga itu penting, pengalaman waktu dulu belanja online, pernah mampir ke marketplace A, dan ada barang yg aku cari, langsung aja aku beli. eh g sengaja beberapa hari kemudia, ada iklan gitu di marketplace B, dengan barang yang sama dan harganya lebih murah. oh nooo!! nyesek pik, nyesek.. berasa kayak ketipu, tapi kayaknya g bakal keulang lagi lah kalau ada priceza, pastinya dengan tahu perbandingan harga, penyesalan terberatku g akan keulang lagi

    BalasHapus
  13. apa ini kok tumben banget ngepost begini mana pake belanja belanja segala. hehehehe..oke oke Pik, sebagai penikmat belanja Online akan selalu gue inget saran lo itu. Tapi, gue nggak suka belanja. Gue sukanya nabung!

    BalasHapus
  14. Priceza ya, ya nih harus bisa membandingkan harga ke tempat lain dan priceza adalah tempat yang pas. Aku juga nulis tentang priceza ini Pik hahahaa

    BalasHapus
  15. Zaman sekarang emang bikin galau deh. Makin menjamur toko online. Bikin potel pala berbi klo mau cari sesuatu. Harus pilih sana pilih sini.

    Untung aja ada priceza.Yang bisa mengurangi kegalauan. Ya, kita bisa banding2in harga dengan mudah di satu situ. Keren!

    BalasHapus
  16. 3 hal diatas memang cukup krusial. kadang ada aja barang yang kualitas dan bentuknya sama, tapi harganya beda lumayan jauh dari toko sebelah. sepertinya, priceza itu bisa menjadi solusi tersendiri ya

    BalasHapus
  17. dah lama kagak maen kesini hehehe, di zaman sekarang ini emang orang lebih suka buat belanja online, tapi jujur aja sih aku sebenarnya lebih suka bual belanja secara langsung, dateng ke tokonya lihat barangnya langsung terus beli hehhehe, ya lebih sreg aja sih

    BalasHapus
  18. Ga tau di toko online Indo ada ga, tapi kalo di China biasa sebelum belanja online, yg nomor satu gua cek adalah testimonial orang2 yg sudah pernah membeli, kalo bisa sekalian liat foto barangnya, bener ga sesuai seperti yg kita harapkan

    BalasHapus
  19. kode voucher zalora ZBAP2OA3 dengan kode itu bisa dapat diskon 15% di zalora. khusus akun baru, no minimum order, free ongkir, bisa pilih bayar di tempat, dan garansi pengembalian barang 30hr. semoga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.