iklan

Review 3 Koplak Mengejar Cinta



Bulan kemarin gue lihat postingan bang Haris di facebook. Dia posting promo bukunya (pre-order) yang baru dan untuk yang pre-order dengan nambah sekian rupiah gue udah bisa bawa pulang dua buku sekaligus. Pertama buku barunya yang berjudul Unforgettable Baper Moment dan buku sebelumnya yaitu 3 Koplak Mengejar Cinta. Karena tertarik dan sebagai wujud keperdulian gue akan karya orang lain apalagi sesama blogger dan kebetulan gue punya duit. Akhirnya gue beli..



Bukunya ada dua. Nggak mungkin gue baca sekaligus lalau kemudain gue review. Gue kalau baca novel di hemat-hemat. Butuh waktu lama untuk membacanya. Bukan males tapi waktunya mepet sama ‘tugas negara’. Negara Jancukers. Sekarang gue mau mereview buku sebelumnya yang bang Haris bikin: 3 Koplak Mengejar Cinta.


------

Tokoh utama Ardhan yang bernama lengkap Muhammad Ramadhan punya dua orang sahabat yang kelakuannya cacat banget. Sama halnya dengan Ardhan. Yah, ketiganya emang koplak. Ardhan, Ibam dan Pasai. Persahabatan mereka bisa dibilang solid banget. Tapi Ardhan mulai nggak nyaman ketika ternyata Ibam dan Pasai suka dengan cewek yang Ardhan suka.

Ketiganya suka sama cewek yang sama, Aida. Ketiga jones ini memang berada di SMK yang kita udah sama-sama tahu jarang banget ada cewek. Makanya kalo ada cewek cantik pasti rebutan. Aida ini digambarkan menjadi sosok idaman semua siswa SMKN 88 termasuk tiga koplak. Terus gimana tuh ketiga sahabat tadi kelanjutan persahabatannya sedangkan mereka sama cewek yang sama? Mending baca ajah bukunya biar tahu dengan jelas hehe..

Mereka bertiga adalah murid SMKN 88 jurusan listrik. Sebagai layaknya anak SMK dimana banyakan lakinya ketimbang cewek pun di kelas 1 Listrik 1. Tapi ada satu cewek namanya Mesty, hanya saja karena kelamaan bercampur dengan cowok-cowok sifatnya pun nggak jauh beda, bahkan labih nyeremin.

Selain cewek satu-satunya yang suka ngisep bedak dan nggak cocok dikatagorikan sebagai cewek. Ada banyak spesies aneh di kelas listrik. Dan mereka membentuk genk, ada genk tukang gossip, genk tukang bolos, tukang nyuri dan tukang caper sama guru. mungkin bisa dikatakan kelas listrik ini penuh dengan orang-orang yang nggak jelas. Makanya kelas ini terkenal dengan siswa-siswanya yang nakal. Sampai guru-guru yang mengajar mereka kewalahan termasuk guru Agama. Ibu Kabisat.

Bu Kabisat ngerasa kesiksa banget mengajar di kelas itu, dan akhirnya dia pun enggan mengajar di kelas jahanam itu gara-gara kelakuan siswanya. Bu Kabisat mundur, lalu kepala sekolah memperkenalkan guru Agama baru. Guru ini galak, tegas, jenggotan. Selain jadi guru Agama dia juga menjadi wali kelas di kelas listrik 1. Yang unik dari guru ini adalah dia bikin sebuah trobosan yang menurut gue bisa juga dilakukan guru-guru di indonesia untuk guru Agama atau guru mata pelajaran lain. mau tahu apa sih hal unik dari guru Agama baru di kelasnya Ardhan, Baim dan Pasai?

Mending beli langsung ajah deh bukunya. Sorry nih gue nggak bisa kasih tahu banyak tentang informsi bukunya. Bukan karena gue nggak baca atau belum baca. gue udah baca semuanya tapi kan biar kalian penasaran dan sukur-sukur beli.

Gue lihat sebagai pembaca biasa novel ini konfliknya banyak banget. Terus ceritanya dapet, alurnya asik, dan nilai moralnya yang wah banget. Mungkin jarang ditemukan di buku novel lain. Atau mungkin juga karena guenya ajah yang jarang baca novel. Baca buku ini juga mengingatkan gue sama kelakuan temen gue dulu yang SMK. Kerjaannya bolos, tawuran dan kenakalan-kenakalan lainnya. Mungkin kalau gue kasiin novel ini ke temen gue dia seperti mengingat akan masa lalunya.



Baca novel 3 Koplak Mengejar Cinta awalnya emang biasa ajah, awal cerita nggak begitu menarik tapi pas sampai di pertengahan mulai asik banget dan puncaknya di akhir. Layak lah novel ini dibaca sama pecinta novel, apalagi novel komedi.

Komentar

  1. Judulnya typo tuh bang, seharusnya kan mengejar, bukan mencari. Mungkin keseringan nonton ftv kale. Hehehe~

    BalasHapus
  2. 3 tokoh utama cowok semuanya dan ngomongin cinta. Ada yang seru juga, novel 3 bikinan bang Agung Rusmana. Bahasanya berak banget... keren lah. Siapa tahu kamu bakal suka juga, fik.

    BalasHapus
  3. Widih, makasih, Pik, udah meluangkan waktu untuk review 3 Koplak. Di tengah kesibukan tugas negara. Negara Angola. :D
    Syukurlah kalau kamu suka dan sampai rekomendasiin novel ini. Jadi semangat nulis novel lagi. :)

    BalasHapus
  4. Bagus ya pik. Dramanya dapat. Gue juga ampir nangis baca buku itu. Bisaan si Haris. Keren

    BalasHapus
  5. Wah, aku juga udah beli nih buku ini. Aku beli krna tau penulisnya, Bang Haris Firmansyah, dan sesama blogger juga. Keren banget lahh pokoknya! Diawal2 cerita tuh bkin aku flashback ke jaman SMA dulu, kelasku jg isinya anak2 badung smua smpe guru2 pda gak sanggup ngajarnya :'D Terutama terobosan guru agama itu yg bkin aku kagum. Sangat unik. Keren. Pesan moralnya juga dapet, kocaknya apalagi, sedihnya juga :')

    BalasHapus
  6. Belum sempat beli, padahal kemaren udah nemuin di gramedia...
    hehehe, maafkan gue bang haris :((
    buku kalkulus lebih mengoda iman gue ._.

    BalasHapus
  7. wih, jadi semacam penaikkan suspense yak. makin ketengah main seru. nice review bro, mereview buku teman adalah hal yang mulia :))

    gue udah beberapa sih liat buku ini di blog-blog orang, covernya emang keren. depan belakang ballance :)

    BalasHapus
  8. Yah, bikin penasaran kan bang. hehe
    Jadi pengen beli klo udah begini. Yaudah lah gue liat2 dulu. *ngeles karena belum punya uang mah gini.. haha

    Kata yang koentar diatas udah ada di gramedia? wih keren banget. SALUT BANG!

    BalasHapus
  9. Aku belum baca novel itu ._. tapi seru banget itu novel, banyak konflik dan penuh pesan moral :D aaaah, recommended ini mah :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.