iklan

Nggak Punya Otak!



Kita sering melihat orang berprilaku tidak manusiawi; seperti membuh orang atau menyiksa misalnya. Tapi ada juga yang berprilaku buruk terhadap mahkluk lain. Seperti yang belakangan terjadi, ada orang yang menyembelih kucing lalu difoto dan diupload di sosial media. Beberapa netizen pun reaktif ada yang nyumpahin, ada yang lapor ke Polisi dan ada juga yang malah nyebarin lagi. Orang gila juga nih. Pada kejadian tersebut menariknya ada yang komen gini.. “dasar nggak punya hati, orang macam apa dia!”.

Nggak punya hati, katanya.

Kok menarik?

Menarik ajah..

Kalau dia nggak punya hati, dalam dunia medis dia bisa cangkok hati biar bisa hidup. Istilahnya dia lagi sakit, mungkin kalau emang hatinya sakit dan bermaslah dia juga ada di rumah sakit. Beneran sakit.

Harusnya apa dong?


Yang menyebabkan si pembunuh kucing-kucing nan lucu tadi adalah prilakunya. Prilaku berhubungan dengan pola pikir. Pola pikir berhubungan dengan HATI? Nggak.. dengan OTAK.

Ketika dia memutuskan untuk membunuh kucing, kira-kira dia mikir nggak kalau kucing itu binatang yang lucu? Dan hal umum yang orang pikirkan adalah membunuh kucing itu sebuah tindakan amoral. 

Kalau dia memang berfikir dia mungkin nggak bakal tuh menyembelih kucing.  

Let’s say DASAR NGGAK PUNYA OTAK! Atau DASAR NGGAK NGOTAK! Jangan ditambahin –NGATIK. NGOTAK-NGATIK is different meaning. Hehe..

Makanya gue bingung, kenapa hati kok bisa mikir? Dan gue pikir kayaknya yang mikir bukan hati deh..
Why?

Karena hati nggak bisa mikir. Hati kerjanya:

21 Fungsi Hati Manusia Secara Umum 

  1. Penawar racun 
  2. Pembung zat birilubin (mbuh opo iki)
  3. Tempat penyimpanan glikogen (ini lagi) 
  4. Pengubah zat makanan dari usus
  5. Pengotorol sirkulasi tubuh 
  6. Pengontorol suhu
  7. Pengontrol hormon tubuh
  8. Membunuh organisme dan anti gen
  9. Pengontrol komposisi darah yang masuk ke tubuh 
  10. Menyempurnakan  eristrosit (sel darah merah)
  11. Pengemulsi lemak dan makanan 
  12. Membantu pembentukan eristrosit dalam janin
  13. Membentuk urea 
  14. Penimpanan vitamin 
  15. Penyimpanan mineral 
  16. Mencegah terjadinya penggumpalan darah ketika mengalami luka (jatuh dll)
  17. Filter sampah tubuh
  18. Pengontrol asam amino 
  19. Pengontrol gula darah 
  20. Produksi sistem imunitas 
  21. Penghancur sel eritrosit (yang sudah tidak begitu baik untuk tubuh)


source
[Terus, orang kalau sakit hati nunjuknya di sebelah paru-paru. Salah tempat lu. Kalau perokok sakit paru-paru ya mungkin ajah. Ini mah orang putus cinta, sakit hati, malah yang sakit paru-paru. hehe]


Gue udah googling kalian jangan googling lagi fungsi-fungsi hati. Sumbernya udah gue cantumin juga. Jadi kalau salah, salahin yang ada di URL tersebut haha. Walaupun itu hasil dari Googling tapi yang nulis biasanya baca-baca dari literatur juga apalagi itu dosen (katanya). Kalau kurang percaya cari sendiri juga boleh. Biar nambah pinter.

Dari ke lima belas fungsi hati, para pemirsa yang budiman. Ternyata tidak ditemukan bahwa hati bisa mikir. Kenapa prilaku si pembunuh kucing tadi erat hubungannya dengan otak karena otak adalah bagian tubuh manusia yang kerjanya mikir. Organ-organ di dalam tubuh seperti prajurit. Yang menggerakan mereka adalah otak. 



Kebetulan gue deket sama dokter Asad dokter spesialis THT dan asistennya adalah senior gue. Dalam acara symposium dokter di Jakarta yang beliau ikutin, dikatakan bahwa “yang melihat bukan mata kita, yang mendengar bukan telinga kita, yang merasakan panas juga bukan kulit kita. Tapi yang mendengar, melihat dan merasakan adalah otak kita”… Jadi gitu mata, telinga dan kulit hanya media saja. Gue pun manggut-manggut..

Maka dari itu gue sebagai ketua ASOSIASI PENYANYI DANGDUT PANTURA ARAH SELATAN menyatakan bahwa otak relate dengan pola pikir bukan dengan hati.

Setelah sedemikan lamanya gue begadang dan baca sana-sini. Gue berpendapat. ‘Nggak punya hati’ atau ‘nggak punya hati nurani’ itu adalah hanya ISTILAH untuk orang yang prilakunya tidak manuisawi atau berprilaku menyakiti orang atau mahluk lain. Menurut gue istilah itu pun kurang tepat yang lebih tepat sebenarnya untuk menamai orang yang berprilaku tidak manusiawi adalah ‘nggak punya otak’, ‘nggak mikir’ dan ‘nggak ngotak’.

Oke sekian yang bisa gue bagi.. semoga itu bisa menambah ilmu. Kalau yang udah tahu, share pengetahuannya dong di kolom komentar.

Komentar

  1. bener itu, aku setuju gak punya OTAK.
    lengkap juga sampe di jelasin fungsi hati, otak.

    kucing di sembelih... gak tega liatnya.

    BalasHapus
  2. yaampun, berasa besok mau ujian biologi nih

    dasar gak punya belas kasihan, gitu kali ya yg lebih tepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye lu don makanya belajar biologi. lo mah belajar reproduksi doang

      Hapus
  3. lengkap banget penjelasannya sampai fungsi hati juga ada. itu yang bunuh kucing bukannya ga ada otak. otaknya ada~ cuma sedang konslet

    BalasHapus
  4. Lo nulisnya pake hati nih Pik,


    Ini baru kalimat aneh. Hahaha,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakek tangan bang el.. Sama pakek logika hahaha

      Hapus
  5. Busett gue kayak abis masuk kelas bilogi. Manusia yang kayak gitu bukannya nggak punya otak lagi, tapi nggak punya jaminan pahala sama sekali :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah pahala mah urusan Allah dev..

      Hapus
  6. Gue baru tau ada yang begitu. Dia udah gila kali ya, otaknya gak berfungsi. Eh btw mantap banget ini penjelasan tentang hatinya. Entar kalo ada yang begini lagi, ngatainnya gak punya otak, bukan gak punya hati. Hehehehe.

    BalasHapus
  7. Masuk akal sih dan emang bener adanya, Bang. Mikir pake otak, bukan pake hati. Ngeblog pake otak, bukan pake hati (?)

    BalasHapus
  8. Itu cuma bahasa sehari2 yang dibiasakan sih, Fik~

    BalasHapus
  9. beberapa bulan yang lalu saya sering menemui postingan orang2 yang menyembeli hewan2 yang ga lazim, mungkin aja mereka meninggalkan otak mereka atau mungkin emg hilang hahha

    BalasHapus
  10. beberapa bulan yang lalu saya sering menemui postingan orang2 yang menyembeli hewan2 yang ga lazim, mungkin aja mereka meninggalkan otak mereka atau mungkin emg hilang hahha

    BalasHapus
  11. emang gila itu men. gue rasa memang orang yang nyembelih kucing lalu difoto perlu dipertanyakan dimana otaknya. mungkin dia memang punya otak, tapi hatinya.. hatinya rusak. agak2 psikopat sih bunuh kucing terus dipamerin..

    BalasHapus
  12. Serasa besok mau UAS nih.. belajar belajar belajar. Biar bisa dapet nilai E. *ehh..

    Kemaren2 ini kan emang booming share postingan lagi nyiksa hewan. Dasar Otak udang. *biar jadi PR empunya blog Otak udang itu kayak mana.. hehehe

    BalasHapus
  13. Mungkin mereka mikirnya nggak punya perasaan, perasaan identik dengan hati. Tapi yang mengatur perasaan itu bukan hati tapi otak. Nah loh bingung dah aku.

    Alias tulisan ini bener-bener bikin orang yang punya otak terpaksa mikir buat baca nih tulisan.

    BalasHapus
  14. Wah bener juga ya, masuk akal sih harusnya mereka bukan gak punya hati tapi gak punya otak. Tapi mereka bukan gak punya otak, kalo gak punya otak berarti mati dong. Mereka tuh GOBLOK aja, lebih dari Bodoh lah pokoknya. GOOOBLOKK O-nya 3. Hahaha

    BalasHapus
  15. Ada satu bagian tubuh, gumpalan daging, yang apabila baik daging itu, baik segalanya. Rusak daging itu rusak segalanya. Gumpalan daging itu hati. Bukan otak. Kira2 gitu dari pak kyai

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue tahu hadist itu.. tapi kita jga mesti mikir mungkin yang dimaksud segumpal daging itu bukan hati tapi otak, karena prilaku kita tergantung apa yang kita pikirkan, dan pikiran berasal dari otak..
      .
      .
      sebagai murid yang baik dri pak kiyai harusnya lo mengkaji lebih dalam.. agama tidak melarang lo untuk belajar dan mencari tahu asal jangan menjauhkan lo dari TUHAN.

      Hapus
    2. أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ
      “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

      copas dari: https://rumaysho.com/3028-jika-hati-baik.html

      kata terakhir disitu alqolbu. pasti udah tau artinya.

      Hapus
    3. Copas lagi....

      Harusnya itu dari pemahaman lo sendiri..
      .
      .
      Berarti lo yakin hati bisa mikir???
      .
      Itu dari segi agama, lo udah nyari tahu belum secara ilmu pengetahuan..

      Hapus
    4. Udah gitu hati ada dalam kurungnya 'jantung'.. Hati sama jantung mah beda atuh.

      Hapus
  16. Hahahah apa banget dah fik -___-

    Yap, nggak punya hati itu emang cuman istilah, jadi jangan nyalah nyalahin hati hahah.. otak emang paling banyak mengendalikan tubuh. semacam server gitu kali yak. Oh iya, tentang kucing disembeleh itu emang kasian banget sih. apalagi Raisa suka kucing. Raisa juga cantik. Lah -___-

    BalasHapus
  17. orang yang ninggalin kita pas lagi sayang-sayangnya berarti pantas disebut "dasar lo, enggak punya otak!"

    ehm, gue jadi tahu fungsi otak sebenarnya.

    BalasHapus
  18. Gara-gara baca ini sering bilang ke orang-orang yang dulunya aku bilang 'dasar nggak punya hati' sekarang aku bilang 'dasar nggak ngotak'. Lebih puas sih ngatainya kalo pake 'dasar nggak ngotak' atau 'dasar nggak punya otak'.

    Njir, aku malah ngelihat dari segi kepuasan pas ngumpatnya bang. Wkwkwkwkwkwkwk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.