iklan

Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadan




Majelis Ulama Indonesia kemarin malam (27/06/2014) menggelar sidang isbat, dan menghasilkan keputusan bahwa pada tanggal 29 Juni udah mulai puasa. Yah, tepat pada hari minggu. Dimana malemnya, yaitu sabtu malam (baca:malam minggu) gue yakin ada banyak pasangan yang menghabiskan kesempatan terakhir buat selalu deket-deketan. Entah itu di rumah si doi atau di semak-semak. Gue juga kurang tau ngapain mereka di semak-semak.

Terlepas dari malam minggu yang banyak dihabisakan di semak-semak. Kita udah sama-sama tahu kalau di bulan Ramadan kita mesti menahan nafsu, bukan cuma nafsu makan dan minum, tapi juga nafsu-nafsu yang lain. Kita juga harus senantiasa ngelakuin hal-hal yang positif dan bernilai pahala atau minimal kita nggak bikin puasa kita jadi nggak sah.

Itu artinya kita harus banyak ngelakuin kegiatan yang positif selama bulan Ramadan. Sukur-sukur nggak cuman di bulan Ramadan ajah, tapi terus sampai bulan-bulan biasa. Banyak mungkin dari kita yang nggak tau mesti ngapain selain tiduran nungguin bedug magrib, dan adzan berkumandang. Tidur emang baik sih tapi kalau kebanyakan tidur kan jadinya nggak bagus juga, mending ngelakuin kegiatan positif di bawah ini..

Ngaji
Kegiatan yang satu ini emang seharusnya kita lakukan. Dan, kalau gue nggak tulis disini kurang lengkap rasanya. Bagai sayur tanpa mangkok. Makannya susah. Nah, daripada kalian nanti selama bulan Ramadan tidur dengan sepenuh hati dari pagi sampe sore, mendingan, ngaji deh. 

source

Kalau pahala apa yang akan di dapat, sebagai umat islam pastinya kita udah pada tahu. Lumayan loh, selama kita berpuasa selama 30 hari kita ngaji, deh, minimal satu surat, atau satu ayat. Kayak sarannya Ustad Yusuf Mansur. Di paragraph ini gue ngerasa orang yang mendadak religius. Padahal…. Ahsudahlah.

Baca
Membaca adalah jendela dunia. Ungkapan yang kita tahu sangatlah benar. Makannya jangan ragu lagi buat baca-baca. Asalkan kalian nggak nyari-nyari jendela pasa kalian lagi baca. Nggak bakal ketemu. Gue udah nyoba soalnya.

source
Membaca juga menambah pengethahuan kita. Apalagi kalau kita baca status mantan, pengetahuan kita akan bertambah, kita jadi tahu dia udah punya pengganti jadi nggak usah ngajak balikan. Gue sarnin sih mending baca novel ajah, kenapa? Ya nggak papa sih. Kali ajah setelah baca novel kita jadi termotivasi untuk membuatnya.

Ngerazia cabe-cabean
Beberapa bulan belakangan ini memang marak sekali yang namanya cabe-cabean. Nggak jarang cabe-cabean pun menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarkat. Usut punya usut sambil berbincang-bincang ternyata masyarakat itu ngobrolnya sambil minum minuman jahe. Pantesan anget.

Cabe-cabean memang meresahkan, apalagi mereka berkeliaran di bulan Ramadan nanti. Bukan apa-apa, nanti yang biasa ngabuburit terus ngelihat cabe-cabean pake hot pants dengan paha yang kehitam-hitaman, kan, repot.

Kemungkina pertama ketika ngelihat paha mereka bakal horny dan udah jelas puasanya batal. Kemungkinan ke dua ketika ngelihat paha mereka bakal ngomongin paha yang nggak bagus-bagus amat  yang di pamerin tadi, dan itu makruh. Pahala kita jadi berkurang. Makannya daripada cabe-cabean meresahkan mending kita razia ajah.

Abis itu kita rukiah…

Bagi-bagi takjil
Berbagi itu tak pernah rugi. Itulah yang sering gue baca di blognya Alit Susanto, Shitlicious. Gue rasa itu memang benar. Ketika kita berbagi dengan orang lain kita memang mengeluarkan sesuatu yang kita punya, seperti uang atau ilmu yang kita punya untuk kemudian di bagi kepada yang orang lain.

Tapi di satu sisi kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih berharga dari yang kita keluarkan, entah itu berupa materi dan sebagainya. Gila, gue kayak Mario Tegang yah…

Berbagi di bulan Ramadan juga merupakan hal yang wajib. Salah satunya berbagi takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Daripada bagi-bagi paha lebih baik kan bagi-bagi makanan buat orang puasa. Gimana kalau kita lagi jualan tapi mau berbagi, kan, nggak mungkin dagangannya kita gratisin? Yah, minimal kasih diskon lah buat yang mau beli banyak.

Jadi relawan pemukul bedug magrib
Setiap bulan Ramadan tiba, yang paling ditunggu-tunggu selain lebaran adalah bedug magrib. Walaupun kita tahu selain bedug magrib ada yang paling orang-orang tunggu, yaitu, final piala dunia. Tapi menurut gue bedug magrib itu relative. Hanya sebagian orang (spesial) yang nunggu magrib. Yah, mereka yang lagi puasa.

Bedug magrib nggak tiba-tiba bunyi sendiri, tapi ada yang bunyiin. Ada yang memukul bedug tersebut. Nah, pasti yang mukul itu orang bukan jin atau suster ngesot..

Butuh relawan untuk memukul bedug tersebut. Kalau nggak merbot masjid ya penjaga mesjid. Iya, gue juga tau itu sama ajah. Nah, kalian bisa gantiin merbot buat mukul bedug masjid. Yah, itu juga hal positif kok, siapa tahu merbotnya lagi sakit kan kalian bisa gantiin dia. Sekalian bersiin masjidnya.  

Ngeblog
Aktifitas yang paling gue sendiri lakukan saat ini adalah ngeblog. Is that positive? Yah, selama gue nggak mengumbar paha dan ngomongin orang lain gue masih dapet pahala dalam berpuasa. Hal serupa juga bisa kalian lakukan. Ngeblog menurut gue sesuatu yang positip, bukan karena gue juga ngeblog tapi emang karena positif.



Asal, blognya nggak hasil copas dan isinya… Miyabi dan kawan-kawan.
 
Jadi mari kita ngeblog, sebarkan kebaikan lewat blog. Jangan ngomongin orang yah inget. Tapi kalau kepaksa… ya, tetep jangan.

 -----

Itulah kegiatan positif yang gue pikir bermanfaat buat kalian dan sekitarnya. Jangan membuat orang lain kesel atau kalian yang kesel. Karena bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, jadi kalau bisa carilah pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan kegiatan positif. Segitu ajah dari gue kalau ada yang kurang kalian bisa tambahin di kolom komen.

Gue Tofik Dwi Pandu, mewakili segenap keluarga artis planet namek, mengucapkan…. selamat menunaikan ibadah puasa.

Gue pamit.. *benerin sarung*.

Komentar

  1. Ahaha :D
    Mantap sarannya :)
    Ngrazia cabe-cabean? Hmm.. ini paling absurd kayaknya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kita bisa dapet pahala juga loh :)) asal cabe2annya di ajak tadarusan

      Hapus
  2. gue tambah satu lagi fik, ngebabat semak2. Biar ga dijadikan tempat pacaran di bulan puasa.

    *emang di semak2 ngapain ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya allah mulia sekali bang itikad lo ini, :))

      buat main jangkrik2an bang

      Hapus
  3. Seru seru pas ngerazia Cabe-cabean

    BalasHapus
  4. ih, kapik sendiri isi blognya bawa-bawa (nama) miyabi *geleng-geleng* hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuman bawa namanya doang kalo gambar dan videonya mah nggak ada nur :))

      Hapus
  5. ngerazia cabe-cabean kayaknya seru, trus dibawa ke pesantren haha.. ngomong-ngomong soal pesantren, selama ramadhan bisa juga tuh ikut pesantren ramadhan, kan lumayan nambah ilmu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener jadin mereka hijabers, jangan nongkrong di jalanan melulu, :))

      oke keren tuh

      Hapus
  6. jadi relawan bedug keren juga tuhh.. huahaha..

    apalagi ngeBlog.. huahaha
    kalau ngaji bermanfaat juga, selain dapat pahala, jadi nambah ilmu baca alquran sekalian tafsirnya lebih bagus hihi
    eh wait, razia cabe-cabean :|

    mendingan razia takjil :D hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu mau silahkan daftar di masjid terdekat

      emang ada yah rajia takjil -__-

      Hapus
  7. Kegiatan positif intu seperti ini, seperti ngblog dan menulis hal-hal yang positif yang bisa menuntun orang lain untuk melakukan hal positif. Kereeen. Jadi meski bulan ramadhal gak ada alasan untuk gak bisa produktif nulis karena gak punya ide soalnya laper hihihi.
    Tapi selain ngeblog, ibadah juga harus lancar telussssss. Itu kan kewajiban-nya hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kegiatan positif lainnya adalah ngechat sama kamu di bulan ramadahan

      Hapus
  8. maaf ya,,,maaf banget...ralat dikit...yang mengadakan sidang bukan MUI..tapi kementrian agama...#beda nggak sih?

    ya sudahlah....
    emang sih....kalau ramadhan gini banyak hal yang mesti diisi dengan hal positif...
    ngaji misal...bener banget.,,kalau di pondok yang dulu sih, ngajinya full...tapi di pondok yang sekrang...dituntut buat sadar diri soal cari ilmu...banyak-banyak baca....

    yang kayaknya seru tih ngerazia cabe..ya, banyak cabe yang akhir-akhir ini tidak terkontrol...akibatnya, harga tomat melonjak, eh...

    happy blogging...cara paling mantab selain ngaji, dan baca buku, adalah ngebloooog...emang ngeblog itu banyak banget manfaatnya...mantab dah


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya siih bener hehe salh mot tapi yaudah lah tujuannya bukan itu juga :)) makasih mot udah ngingetin

      oke deh mantep

      Hapus
  9. Tipsnya keren ...

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya...

    BalasHapus
  10. Itu ngerazia cabe-cabean penting banget kayaknya hahah -_-

    Emang bener tuh ngelakuin hal yang bermanfaat dan berpahal di bulan ramadhan lebih baguss daripada cuman guling-guling tiduran seharian penuh yaah walopun tidur adalah ibadagh di bulan ramadhan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang amat sangat penting, urgent.

      iya kamu udh belum?

      Hapus
  11. Ngakak pas baca ngerazia cabe - cabean. gimana dah tu caranya? kita ceramahin atau kita rukiah atau bagaimana?
    kalau aku berendem di air, dah itu manteb banget. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu mau nggak ikutan ngerajia, nanti kamu bagian yang tausiahnya

      Hapus
  12. Manusia macam apa yang ngasih saran kaya' gini? :D
    hahaha, ngakak banget. bisabisanya nyebutin 'razia cabe-cabean' lo lupa juga sama terong-terongan? ckckckck
    nggak habis pikir, seandainya ada sweeping cabe-cabean di jalan gitu..

    haha,semoga puasanya lancar dan fulll sebulan! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. -__- macam stepen chow ;))

      yah terong juga masuk kriteria buat di razia lah

      Hapus
  13. Yaelah pik ada ada bae ngerjia cabe cabean. -,- bilang ajee mau ngemodusin cabe cabean terus diajak buka puasa bareng deh -,- terus diajak buka bukaan bareng deh #apacobaaaa

    Jangan cuma ditulis doang pik..lakuin juga ..
    terutama ngaji sama bagi bagi takjil ke rumah gue okeeey. #bhay !

    BalasHapus
  14. iya kerjaannya pacaran ajah, aku ajah nggak pacaran. :))

    BalasHapus
  15. Yang unyu buat dilakuin itu cuma satu menurutku... Ngaji. Mumpung bulan Ramadhan, kita musti banyak-banyak ngaji. Biar selain nambah pahala, juga sekalian nambah tingkat kegantengan. Gitu.

    Yang ngerazia cabe-cabean itu, terus terang aku kagak setuju. Karena nanti aku ga bisa lagi jalan-jalan keluar. #Loh

    BalasHapus
  16. duuuh yg razia cabe-cabean itu lhoooo, kalau lihat pahanya trs pengin jadinya batal puasanya hahahhaa
    apalagi kalau pacaran di semak2?
    emang ngapain jg di semak2 ya Pik?
    aku setuju sih banyak hal yg bisa kita lakukan saat puasa, ya kayak ngaji dan banyak mendekatkan diri sama Allah gt
    aku juga suka baca tapi malah jarang ngeblog Pik hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok kak mei kita razia cabe-cabean yuk :D

      nganu kak mei.. nyari jangkrik

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.