iklan

The Man Behind XP’ Legend Wallpaper



Tahun depan mungkin kamu nggak bisa lagi menggunakan Windows XP, kenapa? Microsoft telah menghentikan dukungannya terhadap sistem oprasi Windows XP. Kekecewaan itu dirasakan oleh para pengguna Windows XP. Tapi, tau nggak sih kamu, orang dibalik wallpaper yang sering kamu lihat di Windows XP, berupa objek gunung dengan sedikit awan putih di atasnya. Lebih merasa kecewa dari pengguna Win-XP.


Iya, Charles O’Rear namanya berusia 73 tahun. Dia adalah photographer yang memotret gunung yang di jadikan background pertama ketika kamu menginstal Win XP, dan wallpaper itu-pun di beri nama Bliss. Menurut informasi yang gue himpun dari Kompas.com, foto itu diambil oleh akang Charles waktu dia sedang berkendara dari wilayah Napa ke Sonoma di California, Amerika Serikat, pada tahun 1996. Kalo nggak tau tempatnya dimana Googling ajah, yang jelas bukan di Ciamis dan sekitarnya.

Charles sendiri adalah photographer professional, hasil jepretannya sering mucul di National Geographic dan juga surat kabar di Amerika sana.



Berarti usia gambar tersebut udah 18 tahun, yah, untuk ukuran manusia usia 18 tahun adalah bisa di bilang ‘remaja’ yang lagi galau-galaunya.

Galau itu juga di rasakan akang Charles ketika hasil jepretannya yang dibeli oleh Microsoft 13 tahun yang lalu, dibeli dengan kesepakatan sekali bayar. Artinya, dia nggak dapet royalty atas karyanya itu, dan yang bikin dia tambah galau adalah, ternyata gambar itu menjadi populer di dunia.

Populer karena pengguna komputer ber-OS Win XP dari Microsoft ini di pakai oleh orang-orang di seluruh dunia. Entah berapa puluh, ratus, ribu orang yang menggunakannya. Combo galau deh akang Charles ini. Mungkin kalau dia tau akan se-booming itu dia akan nego atas harga yang telah di sepakati, dan menetapkan hak ciptnya terhadap gambar yang diberi nama Bliss itu. Dan mungkin juga dia punya penghasilan yang lebih dari 9 juta US Dollar.

Banyak banget kan? kalo uang segitu di Indonesia bisa buat nikahin artis, 2 sekaligus. Setelah itu di-cerai-in biar masuk infotainment. Kan, lumayan dari berita perceraian itu bisa dapet duit lagi. (Apasih). Gambar legendaries itu mungkin tinggal kenangan buat para pengguna Win-XP dan juga buat kang Charles. Harusnya kang Charles ini belajar tentang hak cipta, biar karya-karyanya bisa di bayar setiap tampil di layar kaca, di koran, surat kabar, majalah atau apalah.

Belajar lagi yah Les, penyesalan memang selalu ada di belakang. Tapi setahu gue uang emang nggak abadi, nggak bakal bisa dikenang oleh orang, nggak mungkin juga kan orang inget-inget dari berapa uang di sakunya. Karya lah yang akan abadi selamanya, orang bakal tau dan inget kalau itu adalah karya akang Charles #RESPECT. 

Pict source. 1 

Komentar

  1. sob apa kabar sob?
    gile lu sob ngebahasnya gaul bener sob..
    *ikutan yang di atas*

    kasian banget emang Charles..
    pasti dia menghabiskan sisa hidupnya untuk meratapi nasibnya yang tidak indah ini.. memotret lagi pun belum tentu akan se booming yang dulu..

    nasi sudah menjadi bubur, bubur sudah bikin haji sulam naik haji..
    semua hal yang terjadi dalam hidup ini adalah sebab akibat..
    lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh sob gue emang gaul sob, baru tau yah sob? -___-

      kasih dia duit bang kalo kasian.

      Hapus
  2. wah, pasti galau berat itu si charles...
    boleh juga nih tulisannya nambah informasi :D
    gue kira gambar itu cuma karangan -___-

    BalasHapus
  3. udah lama tau sih sebenernya kalo itu foto asli. yang gue ga tau itu kalo duitnya cuman sekali bayar doang. microsoft kampret juga ya. dia tau kalo gambarnya bakal laris, daripada duitnya dibagi buat bayar royalti foto, mending diambil semua hahaha :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang kampret tuh microsoft.. tapi gue pake prouknya nih haha

      Hapus
  4. Oalah gue pikir dia jadi orang kaya karna foto itu. Ternyata gak dapat royaltinya toh. Duhh.. Kesian ya. Pasti waktu itu dia Galau banget hahaha... XD
    Tapi seperti penutupnya, bukan karena Uang seseorang itu dikenang, tapi karna karyanya. Selamat Jalan Om Charles. Rhyme in peace. #Loh! :x

    BalasHapus
    Balasan
    1. galau kaya lo bang, yang lagi sekripsi jahahaha OTW mulu ;D

      Hapus
  5. eh jangan salah pik. justru yang tertinggal nanti bakal dicari lagi karena udah langka. gara2 baca post ini aja gue jadi inget gambarnya. gue mau searching bliss bat gue jadiin wallpaper ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi kan susah di akses nantinya bang

      Hapus
  6. Kalau dipikir-pikir bener juga noh kata bang edotz.
    Soalnya dari kemarin postingan lo membahas hal yang berbobot mulu. Biasanya setiap gue kesini paling lo cuma bercerita tentang kehidupan sehari-hari terus selingi sama tulisan absurd lo, deh.

    Jujur, awalnya gue belum tahu beliau siapa. Mungkin karena jarang diperdebatkan banyak orang kali, ya. Dan ternyata setelah membaca tulisan lo tadi. Kasihan. Iya, om charles ini kurang dapet penghasilan lebih dari mahakarya yang telah mendunia ini. Semoga om charles ditabahkan hatinya oleh Tuhan. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang orang ditengah perjalananya nemuin sesuatu yang berarti yang mesti di bagi mat.. biar orang2 tau masih ada kebaikan dalam diri manusia absurd kek gue

      semoga.. yah

      Hapus
  7. nama gue tofik bukan SOBARI.. you can call me 'fik' :)

    iya gue punya, banyak banget malah

    BalasHapus
  8. yeah respect sama akang Charles. meskipun beliau tidak mendapatkan royalti atas hasil jepretannya itu, tetapi seenggaknya beliau sudah bangga karyanya bisa mendunia dan bermanfaat bagi win-xp. meskipun banyak orang yang tidak mengetahui siapakah orang di balik wallpaper tersebut

    BalasHapus
  9. Iyaa kemaren sempet baca di detik, kasian jugaa. Tapi ya mana ada yang tahu juga kalo wallpaper ini bakal terkenal banget.
    Btw aku belum rela move on dari xp X(

    BalasHapus
  10. Heee, aku baru tau kalau akang Charles lah orang di balik wallpaper legend ini. Dan aku baru tau itu tuh foto asli. Kudet bener yak -___- Kebanyakan ngegalau sih *apasih*

    BalasHapus
  11. aku juga baru tau, padahal di lab komputer aku wallpapernya gambar ini mulu--"

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.