iklan

Survive


Di sela-sela kesibukan, ada saja masalah yang datang membuat kita semakin stres. Di setiap rencana yang sudah dibuat, ada saja kesalahan yang tiba-tiba merubah rencana. Di tengah perjalanan, kita sering menemui hambatan yang membuat kita ingin menyudahinya, dan memilih jalan yang lain. 

Dan yang menentukan kita untuk menyelesaikan masalah agar bisa kembali menyelesaikan kesibukan lain, yang membuat kita tetap pada rencana dan memikirkan rencana lain, yang menuntaskan perjalanan di tengah hambatan. Adalah, seberapa kuatkah kita mampu bertahan?

Setali tiga uang, dengan percintaan. Mampukah dua orang yang saling mencintai bertahan, di ambang putusnya sebuah hubungan? Atau kata ‘putus’ adalah opsi terakhir. 

Seperti kalimat umum yang sering gue dengar ‘yang paling sulit itu adalah mempertahankan yang sudah kita dapat’. Iya, bertahan. Gue sendiri sering mengalaminya. 

Lalu apa yang membuat kita bertahan? Menurut gue ada tiga hal, yaitu keyakinan, support, dan fokus.

Keyakinan.
Yakin bahwa semuanya pasti berlalu. Maka pastikan keyakinan kalau masalah yang kita hadapi akan berlalu dan kita mampu bertahan. Yakin, Allah selalu ada untuk hambanya yang selalu meminta pertolongan, lewat do’a yang kita panjatkan. 

Keyakinan menurut gue adalah suatu ‘pegangan’, ketika kita merangkak naik dan di haruskan bertahan tanpa pegangan itu mustahil. Bisa jadi kita jatuh. 

Hal apapun yang kita yakini, membuat kita secara tidak langsung, punya kekuatan diluar kekuatan yang kita punya. Baik itu hal possitif maupun sebaliknya. So, yakinlah pada kemampuan dan kekuatan kita untuk bertahan, dan yakinlah Allah selalu ada.

Support.
Seperti yang gue pernah tulis di postingan ini. Support adalah hal yang sangat penting untuk kita bertahan, menghadapi masalah. Support seperti apakah yang kita butuhkan? 

‘dukungan dari keluarga, sahabat, teman, pacar, gebetan, selingkuhan dan masih banyak lagi, dukungan mereka berupa saran dan masukan, ngasih wejangan atau nasehat, ‘the power of word’ atau do’a khususnya dari orang tua. Intinya, yang bersifat dukungan secara moril’.



Sumber kekuatan kita ada pada orang-orang yang kita cintai. Dorongan yang berupa support do’a dari merekalah yang membuat kita mampu bertahan. 

Fokus.
Ketika bertahan, fokus adalah sesuatu yang di anggap penting. Dengan fokus kita berharap apa yang kita lakukan terarah walaupun menemui masalah di tengah jalan. Walaupun sebelumnya kita harus punya tujuan, karena tujuanlah yang membuat kita fokus. 



Mampu bertahan, kembali ‘on the track’ adalah tujuan utama dari usaha ‘bertahan’ yang kita lakukan. Mungkin itu saja yang bisa gue tulis, barangkali ada yang sedang ‘bertahan’. Keyakinan, support dan fokus adalah sebagian hal yang harus kalian punya. Kuat itu adalah orang yang mampu bertahan ketika dia terjatuh kemudian bangkit lagi. Dan semoga kita semua menjadi orang-orang yang kuat, dan tetap bertahan.


Share juga kalo kalian punya hal-hal lain yang bisa membuat kita bertahan. Apakah pake strategi 4-4-2, 4-2-3-1 dan lain-lain. 


Inspire me.. 1
Picture source.. 1 , 2 , and 3.

Komentar

  1. Wah iya pik, ini postingan lo paling bijak. Tumben gak ngebahas emak lo lagi. Haha..

    Tiap orang beda2 sih buat bangkit, tapi kalo gue intinya mah fokus..fokus..fokus.. Yah walaupun sulit. Haha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. eamk gue lagi bobo bang kasian aib dia di umbar disini. takut kualat..

      semangat bang!

      Hapus
  2. Postingan yang inspiratif.
    Kompor gas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaa komennya singkat banget kayak di twitter wkwkkw
      "kompor gas" -----> kata-kata milik Indra warkop saat jadi juri stand up comedy (gak nyambung sama postingan) hahhahaa

      aku setuju ma kamu Pik, mau itu urusan cinta, sekolah, keluarga, persahabatan kalo udah diambang putus / menyerah / setengah gagal yang kita butuhkan emang ketiga itu... yakin, support dan fokus
      insyaallah kita bisa bertahan, karena masih ada dan selalu ada di dekat kita yaitu ALLAH, keluarga dan sahabat
      so apapun masalahnya yakinlah utk survive dgn cara demikian :)

      Hapus
    2. iya dia keseringan maen twitter kak mei :D

      alhambduliah kalo bener kak mei. gak mau nambahin nih??

      Hapus
  3. bener banget nih, fik. Gue juga kalo ada diposisi itu pasti bakalan ngelakuin tiga hal itu, tapi sayangnya gagal mulu, dan gue rapuh. Gue sadar, gue emang cowok yang lemah.

    Tapi kalo menurut gue, dari ketiga hal itu yang paling menonjol banget itu yang support, tanpa support pasti bakalan gak semangat dan gak akan bis abangkit lagi karena gak ada yang care dan nyemangatin waktu jatuh. Keren kan gue? Halah

    Gas kompor!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo rapuh bang? sepasang dong sama sendok.

      call gue bang kalo lo butuh support..

      lo jualan kompor gas bang??

      Hapus
  4. Iya ... bener bangets... mungkin jg salah satu orang yang tiap harinya di ksi masalah bertubih tubih.. ah emang capek sih tapi sekali lagi itu semua cobaan.. dan betul ketiga hal tersebut faktor pendorong untuk kita ttp bertahann..

    Intinya dapet masalah jgn ditinggalin hantam habis2an.. sampai selesai..
    Lagian kalo ada masalah itu sama halnya lagi di kasi ujian buat naik kelas..
    Nah kalo lulus berarti kelas/derajat kita bertambah di mataNya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu cobaan, makanya cobain ajah.. biar tau rasanya

      iya itu bener banget apa yang lo katain

      Hapus
  5. Lagi ngalamin hal labil, eh nemu artikel ini.
    Thanks ya, fik... postingan lo... kompor meleduk! :)

    BalasHapus
  6. tumben bijak :p tapi bener lohh kalo mau survive 3 hal itu penting banget. Keyakinan, Support, dan Fokus, tapi kalo menurutku sih yang paling penting itu keyakinan, karna biasanya keyakinan itu sendiri yg akan membawa perubahan, yakin semuanya akan lebih baik maka semuanya pasti akan lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kamu jangan lupa survive yah sama pacar kamu... jangan galau di twitter mulu degara smsnya gak di bales haha

      Hapus
  7. Bener banget!! Ini postingan lo terANEEEEH yang ada di list postingan-postingan lo bang. Aneh, aneh kalo bisa mikir sebijak ini. Habis makan apa yeee?

    Yang paling berantusias buat survive itu si support. Karena dengan support lah bikin kite (manusia) jadi yakin dan kemudian fokus. Support itu efeknya kuat banget. Apalagi kalo dari orang yang disayang, makin gak ketulungan efeknya. Sama kaya gue yang support elo nulis lewat komentar ini. Seperti halnya anak-anak blog yang laen, seumpama berbicara itu didenger, gitu kata blog nya kak Meykeee. Huehehe.

    Gue sih suka pake strategi 1-4-0-2-2 (Itu nomor KF* begok!!)

    Sama, gue juga gak ngerti maksud dari komentar gue ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya gue aneh banget yah, namanya juga manusia kadang suka aneh..

      semua setuju sama support yah..
      kamu pelanggan setia KFCROT yah?

      lah??

      Hapus
  8. yang gue pernah baca dari ayah @pidibaiq "masalah adalah apa yang kamu anggap sebagai masalah" jadi jika tidak menganggapnya sebagai masalah, tidak akan meningkatkan stress. asal tidak menggampangkan masalah. itu salah.

    BalasHapus
  9. heey kata-kata lo tumben banget kayak gini? tapi secara keseluruhan bagus kok bro.

    bertahan memang sulit, karena itu juga berkaitan dengan kesabaran. orang yang bertahan pasti adalah mereka-mereka yang sabar dan kuat dalam menjalankan suatu masalah. karena jika mereka tidak kuat dan sabar maka mereka akan mengambil keputusan yang terakhir untuk menyudahinya. yaitu pasrah.
    nih gue ga kalah bijak kan sama lo wkwk

    dari ketiga hal yang lo sebutin diatas, gue lebih setuju sama support. support memang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam mengatasi masalah, khususnya saat mereka jatuh. support dapat membangkitkan semangat kita lagi.

    gue ambil contoh seperti seekor semut. seekor semut yang sedang membawa makanannya yang ukurannya hampir melebih ukuran tubuhnya akan merasa kesulitan dan mungkin akan menyerah saat itu juga. tetapi kawanan semut lainnya pasti tidak diam saja, mereka langsung mengahampiri kawan mereka yang kesulitan membawa makanan tersebut dan langsung mereka bawa secara gotong royong.
    itu contoh support yang berbentuk tindakan. tapi support tidak hanya bentuk tindakan, mereka juga bisa mensupport lewat dukungan, memberi semangat, dan lain-lain.

    itu aja sih dari gue hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0__0 panjang banget, keren zam... bisa kali lo bikin postingan :D HAHA

      emang semuanya setuju sama support zam..
      lo emang nggak kalah bijak, tapi kalo bisa jangan cuma di tulisan tapi di lisannya juga..

      Hapus
  10. iya bener, tapin ini judulnya bertahan... :D

    BalasHapus
  11. Bener... Bener banget! *gebrak meja* Kalau menurutku sih support yg paling berpengaruh. Karena support dari orang yg kita sayang (keluarga, sahabat, temen, pacar, selingkuhan *lah?), itu yg bikin aku kuat dan bertahan. Kalau gak ada mereka mungkin aku gak bakalan bisa 'bertahan'. Dasar lemah :') *terus kenapa jadi ngegalau disini?! #DOR Oke, abaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALHAMDULIALAH kalo bener mah...

      support lagi...

      Hapus
  12. Gimana kalo lo coba bikin akun twitter untuk belajar tegar atao gimana gitu..
    sapa tau followersnya lumayan, nyampe sepuluh biji...
    soalnya kalo elo yang nulis beginian gue agak susah brimajinasi dan meresapi setiap kalimatnya.

    BalasHapus
  13. Hai kak toples. Maaf yaaa baru dateng ke sini...

    Jeng-jeng... Baru nongol lagi di dunia blog langsung baca postingan ginian. Ngena banget ini ngenaaa. Anak panahnya langsung nacep di jantung. Nggak meleset sama sekali.

    Aku lagi ngalami banget yg namanya survive. Alhamdulillah buat yang pertama dan terakhir, masih dapet. Tapi support... Sebenernya itu paling penting menurutku. Kenapa? Percuma kita yakin dan bisa fokus kalo nggak ada yg dukung. Semangatnya jadi nggak terbakar. Ya pasti akan ada saat kita ngerasa nggak ada yg dukung. Orang-orang tercinta sibuk sama urusannya sampe lupa kalo kita juga butuh disemangatin. Aih malah jadi curhat. Udah ah nanti keterusan:(

    BalasHapus
  14. yaaa mempertahankan itu sulit dariapada mendapatkannya,,,, tetap semngat dan minta doa sama Allah,,,,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.