iklan

Kuliah vs Part Time


Gue punya temen namanya rido, dia temen sekelas gue. Kemarin-kemarin dia pengen banget nyari kerja padahal dia lagi kuliah. Alesan klasik mahasiswa kalo nyari kerja, ‘buat nambah uang jajan’. Dia udah pengen banget kerja, tapi kayaknya gue nggak yakin sama niatan dia saoalnya gue tau karakternya, dia itu orangnya cuma ngomong doang, action-nya nol!

Tapi iseng-iseng ajah gue tanya ke dia.


“Eh do, lo mau kerja apaan emang? Barakali gue bisa nyariin lo kerjaan” tanya gue.

“Pengennya sih pik, yang part time ajah, gimana?” jawabnya.

“Oohh.. bagus tuh”

“Gitu doang?”

“Terus?” 

“Ya apa kek”

“Gue rasa lo nggak cocok do kerja-kerja begituan, lebih baik gue saranin lo usaha ajah, jualan pulsa kek, julan gorengan kek, angkringan kek”

“Gue malu pik kalo jualan, dan nggak tau juga harus mulai dari mana”

“LO BOLEH MALU KALO LO MALING, MULAILAH DARI DIRI LO SENDRI ”

Hening…
----

Banyak banget temen-tmen gue yang krisis kepercayaan diri untuk memuali sesuatu dari nol tanpa mikirin gengsi. Susah sih kalo ngeyakinin orang yang nggak yakin sama potesinya sendiri, udah ada niat ajah itu bagus tapi itu nggak cukup, harus ada kemampuan otot (muscle brain) buat gerak. Iya, take action jangan cuma ngomong doang *melotot*.

Dan menurut gue kerja part time kaya gitu, nggak efektif buat mahasiswa.  Dan berikut alesan kenapa kerja part time nggak efekif buat mahasiswa (based on my opinion). 

Check this out..

Cape.

Kerja emang cape orang tidur melulu ajah cape apalagi kerja. Tapi maksud cape yang gue bilang itu, sebagai mahasiswa yang setiap harinya di jejelin tugas sama dosen gue rasa lo butuh yang namanya istirahat, iya, kesibukan lo itu kudu di rem sejenak, lo butuh ‘Me Time’. Nggak perlu berlibur ke luar kota atau ke tempat-tempat asik, cukup di rumah tiduran, males-malesan, yang punya pacar telpon pacarnya, yang jomblo ngupil di pojokan. Asik kan.

Susah bagi waktu.

Yang ke dua, kalo kita kerja kita juga harus bagi waktu antara kerja dengan waktu kita buat belajar. Dulu waktu gue punya pacar, dulu banget waktu krisdatanti masih anget-angetnya sama raul lemos. Cewe gue kebetulan kerja sambil kuliah, dia ngambil kelas karyawan. Nah kalo dia itu bener, kerja sambil kuliah. Kalo kuliah sambil kerja, gue rasa nggak bakal bener. Susah bagi waktunya.

Orientasi lebih pada uang.

Kalo lo kuliah terus lo kerja dan lo dapetin uang dari hasil kerjaan yang di jalanin. Berapapun itu apalagi kalo banyak itu bisa ngerubah haluan, yang tadinya fokus lo ke kuliah lo malah fokus buat nyari duit. Karena uang udah lo dapet lo juga mulai berfikir “ngapain gue kuliah kalo sekarang ajah gue udah dapet duit banyak”. Itulah virusnya, bahaya men. Lo kudu segera insyaf, pergi ke masjid ambil wudu terus solat.
#Ngaco 

Oke, itu ajah alesan kenapa kerja part time nggak efektif menurut gue. Kalo bener-bener pengen kerja part time, niatan buat kuliah harus lebih besar porsinya ketimbang hasrat pengen punya duit lebih. Mending usaha kecil-kecilan ajah si kalo menurut gue. Kita bisa bebas, nggak terikat waktu. Kaya jualan pulsa misalnya, selain lo bisa jualan di rumah/kosan juga bisa jualan di kampus. 

Di zaman sekarang nyari kerja susah, yang udah dapet kerja malah ngeluh kerjaannya nggak enak. Manusiawi sih, manusia emang nggak pernah puas, rasa puas itu susah di dapet kalo kita sendiri kurang bersyukur. Bakalan nyusain diri sendiri kalo kita kebanyakan ngeluh, gue sendiri kalo ngeluh malah nggak nyelesain masalah, nambah masalah iya

Komentar

  1. ho oh..bener tuh.tapi ya nggak ada salah juga cari kerja sih.buat jaga-jaga dan g terus ngandelin uang dari ortu..

    cuman ya nggak harus ngorbanin kuliah,,kan tujuannya cari ilmu..bukan cari uang...


    iya..bersyukur kunci kenikmatan....syukur..syukur....syukur ya allah....o-edisi nyanyi

    BalasHapus
  2. hooh bener banget, mendingan jualan online modal hp sama internet ga capek kaya kerja part time.
    dan lagi emang masih banyak banget lah yg malu sama yg namanya jualan, padahal malu itu kalo nyolongss

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahh dia pengalaman. yang mau tau jualan online tanya sma teh lidya hehe

      Hapus
  3. Bersyukur-bersyukur hahaha
    Emang sih kerja nggak semudah ngeliat hasilnya alahh

    BalasHapus
  4. Kalo menurut gue tergantung niatnya dulu.
    Kalo niatnya nyari duit buat nambah jajan biar bisa senang-senang terus nanti malah bisa ganggu kuliahnya. Tapi asal bisa bagi waktu kapan kuliah, kapan kerja, kapan nyantai atau senang-senang sama teman, gue rasa itu bagus banget :)

    BalasHapus
  5. tapi gue nggak setuju nih Pik..khan part time ada macem macem..kek gue part time tuh dulu jualan pulsa, temen gue jualan baju sama jilbab...dan masih bisa lo jalan dua duanya..juga, lulusnya bisa tepat waktu..nah, temen gue ja ada yg jadi pramusaji di cafe, dia kerja habis kuliah sampe malem jam 10an gtu..dan dia jga tetep bisa lo..cuman pas skripsi aja pas udah hectic gtu hrus berhenti biar fokus dan lulus tepat waktu..jadi sih ya tergantung orangnya jga sih ya Pik

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren juga temen lo mey, tapi skali lagi ya tergantung niatnya

      Hapus
  6. Menurut gue, malah yang paling efektif itu part-time buat pelajar atau mahasiswa, pik. Biasanya, jam kerja-nya juga bisa atur loh untuk menyesuaikan jadwal kuliah atau belajar. Nah, makanya lebih fleksibel.

    BalasHapus
  7. kalau temen gue nih ada yang kerja part time juga ada yang berhasil dengan kuliahnya ada juga yang gak bisa mempertahanin ipknya ya gitulah mahasiswa dengan berbeda persepsinya :)

    BalasHapus
  8. ada benernya jg sih...part time gitu pasti bikin capek..n jd ga kuat buat ngerjakan tugas2 kuliah...
    tapi asal orangnya bisa bagi waktu, mungkin bisa dijalani jg..
    yang jelas, kalo udh masuk fase skripsi, mending di-stop semua itu part time...biar skripsinya cepet selesai.,..ahaha

    BalasHapus
  9. banyak kok pekerjaan freelance,
    kayak design grafis, penulis lepas, banyak hal sih klo mau dilakukan
    klo orientasinya uang..bisa bisnis kecil2an kayak jual pulsa atau jualan online, atau jual apa gitu ke temen2 kampus..yg barangnya murah dan cepet laku

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.