iklan

Budaya Salah Kaprah: Ngerokok Di Wc Kampus

       Gue suka bingung sama kampus gue tercinta ini, dimana seorang guru terlahir dari fakultas keguruan yang ntar guru tersebut bisa ngomong bahasa inggris meskipun blepotan. Kenapa gue bingung? Secara ini kan kampus tempatnya manusia yang berfikir lebih dewasa dari anak SMA tapi kelakuannya kaya orang gak berprikemahasiswaan gitu. 

Kenapa si lo fik , tiba-tiba ngomel-ngomel gak jelas?

      Gue sebel banget tuh sama yang ngerokok di wc kampus, faedah hidup mereka itu apa sih sebenernya, gue masih bisa maklumin ya kalo mahasiswa yang ngerokok itu ngerokoknya di wc rumah mereka masing-masing. Ini sih malah ngerokok di wc kampus yang semua mahasiswa bakalan make tuh wc, apalagi seorang yang unyu kaya gue masuk wc, *perlu di catet tuh*. Yang parah tuh di wc khusus dosen ada yang ngerokok sambil boker. Kenapa gue bisa tau? Gue juga mau boker dan dapet tempat bekasnya si mahasiswa kampret, yang ngerokok itu. 

      Yang ngerokok itu bukan cuma satu orang ya tapi banyak banget yang ngerokok, apalagi anak tingkat satu yang baru masuk, mungkin mereka sedikit bisa dimaklumi yah, soalnya mereka baru masuk dan biasanya  gak pada tau aturan. Tapi ada kaka tingkat dan yang setingkat sama gue itu ngerokok juga di wc, padahal sebelum mereka masuk kampus apalagi masuk wc ada tulisan “KAWASAN BEBAS ASAP ROKOK” kurang jelas gimana coba.


Apa mungkin mereka itu mendadak gak bisa baca tulisan kalo lagi ngebet banget pengen ngerokok, jadi dimana aja jadi asalkan ada rokok dan korek, padahal gak ngerokok juga gabakalan mati tuh. Oiyah, yang ngeroko di wc itu biasanya nggak pada bawa korek, peroko yang bego emang tuh, bisa beli rokok tapi nggak bisa beli korek.  Udah gitu gue pernah waktu mau boker malah ditanyain korek.

“a punya korek?”

Gue: “punten ya a saya mau boker bukan mau ngerokok”

“ya barangkli boker sambil ngeroko kan enak, biar cepet keluar”

Gue: “itu mitos dari planet mana ya a?”

“itu bukan mitos a tapi beneran”

Gue: “ngarang nih, udah ah saya kebelet, kebetulan saya gak ngerokok”

“bilang dong dari tadi klo gak ngerokok!” dengan nada mnyolot

Gue nggak ladenin tuh yang nyolot soalnya gue kebelet, takut keluar tidak pada tempatnya. Sambil boker gue gue ngrencanain mau nabok tuh yang nyolot tadi, ehh pas gue keluar, anaknya gak ada, pikir gue tuh bocah ngerokok apa makan rokok ya cepet banget.

         Dan di saat gue boker tadi ada momen yang buat gue makin sebel sama yang ngeroko di wc, wc yang tadinya berbau alami dengan aroma natural yang mahasiswa buat  tiba-tiba saat gue boker tadi menghilang digantikan oleh aroma asap rokok yang baunya bisa ngalahin bau natural wc di kampus gue, bau pesing. Di kampus gue emang mahasiswanya kreatif bisa buat aroma-aroma yang natural dari jengkol yang mereka makan semalam.

        Satu lagi yang gue nggak bakalan lupa, yaitu ada bungkus makanan ringan dan permen di wc tempat gue boker, cukup mengherankan memang. Gimana rasanya ya sambil boker + ngerokok + ngemil? Mungkin lu keliatan kaya mesin penggilingan padi, udah lu makan terus keluar asap dari mulut lu sebagai cerminan knalpot dari mesin gilingan dan yang terahir keluarlah padi yang siap di konsumsi sama si tukang boker sambil ngemil tadi. Hooeekkk #muntahkijanginova

        Gue juga dulu ngerokok tapi sekarang udah berenti gara-gara gue sering internetan dan nemuin artikel kalo dampak ngerokok itu emang nggak baik buat badan dan itu bisa gue rasain sampai saat ini. Pesan buat para perokok di luar sana apalagi yang ngerokok di wc kampus.

Dear, perokok kampus yang tjakep. *aduh mual*

Kalian punya hak atas apa yang kalian lakukan, tapi hargailah hak orang lain, dengan tidak merokok di tempat umum, terutama wc kampus! Gue jadi gak bisa nyiumin bau pesing semenjak kalian pada ngerokok di wc. Itu ajah . see you next post...

Komentar

  1. gue setuju sama elo, gue sependapat sama elo
    gue juga gak suka ngerokok
    #tos...

    BalasHapus
  2. emang ada larangan merokk sampe harus ngerokok di WC?

    apa aroma rokokny anggak berubah?
    kan jorokkk.. iyyy....

    untung kampus gue full AC, sampe WC pun berasa ada AC nya gitu.. jadi nggak ada yg berani di

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas masuk kampusnya ada larangan kaya giru, jadi kampusnya itu gak gede-gede amat jadi kalo ada bau sedikit bisa baunya seluruh ruangan.. emng kadang ada ACnya tapi kadang mati juga tuh AC

      Hapus
  3. nah itu dia, coba gak dilarang. Pastinya anak2 gak pake wc buat smbunyi2 ngrokok. Kalo disuruh tahan, gue jamin gak bisa. Udah ketagihan gmana lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya gak dilarang si bangf ngeroko tapi kan bisa keluar ngerokonya di kantin misal..

      Hapus
  4. ketika asap rokok menggantikan bau pesing -_-

    BalasHapus
  5. Boker sambil ngerokok, biar cepat kluar, wahaha ya namanya juga manusia, kadabg tingkahnya aneh2, maklumin aja.

    BalasHapus
  6. Bukannya itu udah umum yak ..
    Di SMA gue dulu banyak yang ngerokok di wc
    Apalagi ini kampus ..
    Lebih banyak lagi karakter mahasiswa berbeda2 ..
    Mungkin faktor mereka jadi calon guru karena terpaksa juga berpengaruh sama kebiasaan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. umum memang tapi itu kebiasaan yang sebenernya masih bisa kita rubah, kita bisa kluar buat ngeroko kalo guma satu batang, tergantung orangnya si bang. ya justru karna ini kampus harusnya mereka kan lebih peka kalo tempat tersebut banyak yang pake dan itu udah bau gitu, terus mau ditambahin bau asep rokok. saya mah ga ngelarang orang buat ngerokok terserah mereka cuma tau tempat ajah lah..

      Hapus
  7. Mungkin kenikmatan merokok itu ketika boker...

    Salam,
    ZaenuriAchmad.com

    BalasHapus
  8. ku blm pernah ngeroko, dan gak pngn ngerokok. gak suka asap aja, bkn karena knp2. :)

    BalasHapus
  9. baguslah sekarang lo udah sadar akan dampak rokok terhadap kesehatan..
    ya memang budaya ini sangat sering terjadi dimana2, dikampus? so pasti,,kampus gue juga bnyk nemuin rokok di WC..
    bahkan waktu masih SMP juga banyak..hahaha

    BalasHapus
  10. mungkin, kalo boker sambil ngerokok, cepet keluar kali, maybe
    tapi, yaudahlahyah . mungkin emang orangnya kaya begono ...

    BalasHapus
  11. Jangan ditiru saja, merusak aroma WC, hahahaha

    BalasHapus
  12. haha kalo yang ngerokok sambil boker itu gua masih bisa bayangin, tapi yang sambil ngemil kayaknya segera di rumah sakit jiwa terdekat deh haha

    BalasHapus
  13. eh iya... bukannya kalo kawasan bebas merokok itu artinya diperbolehin ngerokok ya? hihihi...

    Ih gak banget kalo sambil ngerokok apalagi ngemil, kalo saya biasanya sambil smsan atau baca buku... xixi

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.