iklan

Pengaruh Musik


                  Asalamualaikum wr wb…
                  Musik adalah bagian dari hiburan yang universal atau menyeluruh, dari mulai anak kecil, remaja sampai dewasa bahkan kakek buyutpun mendengarkan musik. Sekarang musik sudah menjadi bervariasi sekarang saja di Indonesia sedang booming yang namanya K-Pop (musik pop korea), dan pastinya tidak jauh-jauh dari boy band, tapi seiring waktu berjalan, Ariel (piterpan) pun bebas dan fenomena boy band agak sedikit menyusut, pesona Ariel rupanya membius para pecinta musik khususnya kaum hawa ,padahal nih ya dia itu baru keluar dari penjara (narapidana) kasus mmhhh… yah tau sendiri lah ya hehehe sensor bos. 

               Tapi sebenarnya yang mau saya bahas bukan sang narapidana yang come back ke dalam geliat permusikan Indonesia, yang saya mau bahas adalah pengaruh musik Pantura, tau kan? Lagu daerah yang berbahasa jawa Cirebonan atau Indramayu yang ternyata menurut saya berbahaya bagi masarakat perkampungan. Why? Asikk hehehe, ini serius karena lirik-lirik lagu yang ada di dalam musik pantura itu sangat provokatif (doktrinnya mantep), contohnya ada sebuah lagu  menurut yang saya tangkap itu isinya adalah, ada seorang istri yang mengeluh bahwa suaminya pacaran dengan wanita lain bukannya tawakal, sabar meminta pada yang maha kuasa untuk menyadarkan suaminya atau minta cerai kalau memang sudah tidak cocok tetapi, istrinya itu ternyata akan melakukan hal yang sama yang dengan bangganya dia jadikan lirik sebuah lagu yang akan di dengarkan banyak orang, nilai moralnya di mana lagu semacam itu, apa jadinya kalau sampai di dengarkan oleh seorang istri yang bernasib sama seperti yang ada di dalam lagu tersebut, itu yang saya sebut berbahaya.
        
             Kalau seorang istri yg berfikir panjang mungkin tidak terpengaruh tapi kalau yang mendengarkanya seorang yang yg berfikir simple itu akan jadi jalan keluar dari masalah yang dihadapinya dan biasanya itu terjadi di daerah (maaf) perkampungan. Dan kebetulan saya orang kampung jadi saya tau banyak dan banyak juga contohnya bukan bangga atau seolah mendiskredikan orang-orang yg tinggal di daerah perkampungan tapi saya mencoba kritis apa yang saya lihat dan saya dengar di lingkungan dimana saya tinggal.

             Menurut artikel yang saya baca, (Pengaruh Musik Terhadap Psikologi Manusia; Ronaldo Rozalino S.Sn) musik merupakan ragam seni yang berpengaruh terhadap audiennya tanpa perantara konsep ataupun intepretasi. Lewat efeknya yang ajaib, musik dapat membebaskan rasa manusia dari jeratan tekanan batin, rasa kesepian, panik, dan berbagai gangguan mental lainnya. Musik, sesuai dengan susunan interval dan ritmenya memiliki refleksi khusus yang bisa merangsang sel-sel saraf sehingga perasaan manusia bisa diperlemah, diperkuat ataupun dialihkan. Pengaruh itu bahkan telah dibuktikan secara ilmiah di sepanjang fase kehidupan manusia, mulai dari masa di embrio hingga masa senja. Bahkan bisa berpengaruh juga pada jenis mahluk hidup lainnya seperti tumbuhan. Tidak hanya itu saja, musik terbukti berpengaruh pada sistem saraf sensorik-motorik, sistem saraf sadar, dan sel saraf lain.

Komentar

  1. musik itu pelbagai..sekarang mood dengar musik galau

    BalasHapus
  2. jadi pengen dengar musik jawa itu

    BalasHapus
  3. o begitu ya, jadi musik itu memiliki efek dengan psikologis, eh bro emang siapa narapidana yg juga pemain musik itu hahaha

    BalasHapus
  4. iyalah bang, ariel kan idolaku, wuahaha

    BalasHapus
  5. waaah ngomongin musik, gue dulu pengen jadi musisi
    tapi sadar gak punya kemampuan apa2 ..
    sekarang cuma bisa bikin musik pengantar tidur aja
    baca:ngorok

    btw, artikelnya keren yah sumbernya juga dicantumin, ilmiah banget kesannya hehe

    BalasHapus
  6. Jadi pengen denger lagunya kayak bagimane... Baru ngeh kalo musik berpengaruh pada sel syaraf :|

    BalasHapus
  7. Baca postingannya langsung keinget lagu "Thank You For The Music" :D

    So I say
    Thank you for the music, the songs I'm singing
    Thanks for all the joy they're bringing
    Who can live without it, I ask in all honesty
    What would life be?
    Without a song or a dance what are we?
    So I say thank you for the music
    For giving it to me

    :D

    BalasHapus
  8. iyaa, musik kadang2 bisa ngaruh ke mood juga kakak :)

    BalasHapus
  9. musik emang bisa melatih sayarf motorik dan sensorik .. coba aja tes sama anak balita,. mereka lebih cepet nangkepnya

    BalasHapus
  10. oh gitu ya? sippo deh.. anyway nanti kalo saya hamil dan punya anak, mereka akan lebih banyak saya perdengarkan ayat2 AlQur'an :)

    *pilihan calon ibu ;)

    BalasHapus
  11. music is my life, gua hidup dengan musik *etdah

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.