iklan

Support The Author



“Yang membuat kita abadi menurut gue adalah apa yang kita hasilkan selama kita masih hidup, dan itu adalah sebuah karya.”

Kita pasti bakal tua dan tentu kita bakal meninggal. Sebelum kita meninggal ada banyak yang harus kita lakukan. Pada paragraf ini mungkin kalian akan langsung inget kuburan dan langsung ambil air wudu. Tenang, gue nggak lagi mau tausiah.

Baca ajah dulu sampe habis.

Oke, back to the topic..

Mungkin salah satunya adalah bikin karya. Gue ulangi salah satunya. Kenapa bikin karya? Karena menurut gue, karya adalah sesuatu yang bisa bikin kita dikenal dengan cara yang berbeda. Walaupun nantinya hanya sebagaian orang yang menikmati karya kita tapi minimal kita udah ada dalam benak mereka. Ada jejak. Yaitu sebuah karya

Salah satu karya yang paling gampang adalah tulisan, atau menulis. Pakde Pramoedya bilang ‘menulis adalah hidup dalam keabadian’. Gue setuju. Banget. Kenapa? Pertama, gue suka nulis. Kedua, itu statement yang proven udah terbukti. Ketiga, udah itu ajah.. Gue nggak mungkin bisa tahu kalau almamarhum pakde Pramoedya bikin pernyataan itu (seperti yang gue tulis di atas) tanpa dia menulisnya sendiri. Mungkin bisa ajah beliau bikin video, tapi kan dia penulis, jadi ya ditulis. Gimana sih..

Buku beliau udah banyak makanya orang kenal beliau. Itu juga bisa terjadi dengan kita (gue, elo, kalian) semua. 

Apakah mesti bikin buku?

Nggak harus tapi seenggaknya ada keinginan untuk itu.  Pada tahap awal mungkin suka nulis ajah dulu. Ngeblog baru deh kalau emang punya niatan buat bikin buku, silahkan. Nggak ada yang ngelarang, silahkan ajah.

Gue malah seneng kalau ada temen sesama blogger mau bikin buku. Kalau ada duit bahkan gue beli bukunya. Bikin reviewnya dan lain-lain. gue nggak bisa bantu buat promosiin sehingga bukunya jadi best seller di toko buku atau toko alat berat di indonesia. Tapi senggaknya gue udah dukung dengan membeli karya dia. Gue pun baru sadar sekarang, kalau bikin karya seperti buku itu ternyata susah banget. Prosesnya panjang, dari ide bisa sampai ke tangan kita itu membutuhkan proses yang lama.

Apalagi mengkristalkan IDE menjadi sebuah tulisan dan jadi sebuah buku itu butuh waktu lama. Mungkin si penulis habis kopi lima ember ketika menulis semalaman. Setelah jadi buku, harga buku tersebut mungkin mahal tapi gue juga baru tahu kalau buat penulis cuman beberapa persennya ajah. Kenapa gitu? Karena dipotong biyaya ini itu. Dari penerbit, dari distributor, dari toko buku dan terkakhir dari pajak.

Gue nggak bisa melakukan apa-apa karena itu udah sistemnya. Gue saat ini hanya bisa support karya mereka, salah satu caranya dengan membeli karya mereka. Yah gue baru sadar sekarang seteleh membaca bukunya Pandji. Efek buku itu benar-benar gue rasakan. Banyak pelajaran disana, walaupun itu buku bisnis tapi banyak pelajaran yang bisa gue ambil, karena buku itu punya kisah yang diceritakan secara menarik oleh Pandji. Gue jadi tersadarkan untuk menghargai karya orang.

Nanti gue bakal bikin reviewnya. Tagih janji gue kalau gue lupa.

Langkah mendukung itu nggak main-main, atau cuman omongan belaka. Gue udah melakukannya pada bang Haris. Gue panggilnya bang ajah soalnya ternyata dia lebih tua dari gue, takut kualat sama orang tua. Gue beli bukunya. Kebetulan dia baru ajah menerbitkan buku terbarunya. Dan dia lagi promosi. Dari awal gue memang memantau apa yang dia kerjakan selama ini pada buku-bukunya. Gue juga sempet chatingan sama dia soal buku Pandji yang isinya emang relate sama pekarya kayak bang Haris.

Gue lihat buku terbarunya udah terbit dan bang Haris sedang melakukan promosi. Ngasih tahu kalau bukunya udah mau terbit kemudian dia bikin semacam promo di facebook: harga buku terbarunya Rp 59.000, lebih mahal tapi kita dapet buku satu lagi karya dia senilai 50 ribuan kalau nggak salah. Artinya gue bisa dapetin dua buku dengan bayar lebih murah. It’s a brilliant. Promo semacam itu nggak asing sih, tapi jarang dilakukan oleh penulisnya sendiri. Gue beli bukan karena harganya jadi lebih murah. Gue beli karena tiga alasan.

  1. Gue pengen support karya orang
  2. Gue punya duit
  3. Dia menghargai karyanya sendiri

Alasan terakhir yang bikin gue bener-bener mantap buat beli. Yah gue lihat bang Haris menghargai banget karyanya. Gue bisa lihat dari usaha dia buat promoin karyanya tersebut. Dan ketika gue nanya pun dia tampak antusias menjelaskan promo buku tersebut.




Ditambah gue pengen support dan gue juga punya uang. Jadilah gue beli. Menurut gue memang harusnya seorang penulis itu nggak cuman nulis doang tapi harus juga jadi marketing akan karyanya sendiri. Lebih baik lagi kalau si penulis ditanya sama yang mau beli bukunya kemudian dia tahu stoknya ada berapa, tanggal terbitnya kapan, berapa ongkir kalau beli via online dan lain-lain.

Kok ribet banget sih pik mau beli buku ajah?

Nggak ribet tapi gue juga mau support yang layak di support, dan bang Haris dengan keantusiasannya, cara dia menghargai karyanya sendiri dengan promo-promo yang dia lakukan bikin gue juga tergiring kesana. Gimana gue mau beli kalau si penulis atau si pembuat karyanya ajah nggak bangga sama karyanya sendiri. Nggak antuisas dengan apa yang dia bikin. Jadi antuisias itu nggak nempel di benak pembeli.

Jangan lupa, gue ini juga konsumen kayak yang lain. Butuh diyakinkan sama penjual, sama si marketingnya. Bedanya gue konsumen yang pengen support bukan cuman pengen beli terus abis itu udah. Dalam hal ini gue lihat bang haris sebagai penjualnya berhasil meyakinkan gue bukan cuman untuk beli tapi untuk support karya dia. Gue PENGGEN SUPPORT, dan gue PUNYA DUIT ditambah si penulisnya juga ANTUSIAS terhadap karyanya.

Gini deh, kayak misalnya ada tukang seles panci nawarin panci sama emak kita dengan  gaya males-malesan. Ngejelasin keunggulan panci tersebut kayak nggak antusias padahal mungkin pancinya bagus. Ditanyain jawabnya kayak nggak paham. Mungkin emak kita bakal nggak mau beli, soalnya ragu. Mending dia nonton Elif.

Kesimpulannya…       Pertama, si seles panci gagal bikin emak kita beli,. Kedua, panci yang bagus itu nggak sampai ke tangan emak kita, sayang banget padahal pancinya bagus, tahan banting dan sebagainya. Ketiga, dia gagal dapet duit tambahan dari setiap panci yang terjual, walaupaun dia tetep dapet gaji tapi dia nggak dapet tambahan. Padahal kalau dia jual lebih banyak panci kan hasilnya bakal lebih banyak juga buat dia. Gitu..

Ayo sini ada yang mau beli panci? -_-‘

Gue nggak ribet, kalau gue PUNYA DUIT dan penulisnya (si pembuat karya) MENGHARGAI  karyanya sendiri, ANTUSIAS sama yang dia bikin. Gue pasti beli. Dan buat temen-temen yang punya karya udah MENGHARGAI dan ANTUSIAS maafin gue kalau gue belum bisa beli. Itu tandanya gue nggak punya duit.

Tapi gue mau mencoba dengan cara lain kalau gue nggak punya duit tapi masih bisa tetap support. Yaitu dengan cara… HUBUNGI GUE, kasih tahu kalau kalian punya karya, kalian mau nerbitin buku. Gue bakal BIKIN TULISAN TENTANG BUKU (KARYA) KALIAN DI BLOG GUE. Bikin review dan lain-lain. Nggak bayar, GRATIS. Ini adalah bentuk KESERIUSAN gue untuk MENSUPPORT karya kalian.

Bisa hubungi gue via twitter, facebook, BBM, atau Email.

Twitter           : @TofikDwi
Facebook        : Tofik Dwi
BBM               : 59BB68E6
Email              : toplestofik(at)gmail.com

Kita bisa ngobrol-ngobrol tentang karya yang mau atau udah dibikin. Sekalian promo juga. Harpan gue bikin ini adalah biar orang lain tahu karya kalian dan akhirnya beli. Seenggaknya gue udah mau bantu, tinggal dari penulisnya sendiri. Gue bikin ini pun mungkin nggak akan menaikan penjualan buku yang kalian tulis secara besar-besaran. Ini adalah bentuk support dari gue semata.

Dan gue harap yang bikin karya dalam hal ini penulis, mau turun tangan mikirin gimana caranya karyanya tersebar dan banyak orang yang tahu. Bukan buat gue, buat penulis sendiri..

Komentar

  1. Mantep, Pik, postingan2 kamu malem ini. Luar biasa. :D

    Sebagai penulis emang harus semangat untuk promo. Soalnya zaman sekarang yang nerbitin buku banyak. Hehehe. Kita harus nunjukin karya biar diliat calon pembaca. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang kita sendiri ebagai pekarya yang harus aktif

      Hapus
  2. Inspiratif banget kak.. Gue jadi sering" datang di blog ini. Datang ke blogku juga yah.

    BalasHapus
  3. Gue jadi sadar, emang yah sebuah karya kalo kita sendiri yg bikin gak paham cara penyampaianya ya mana mungkin orang lain bakalan tau atau bakalan beli karya kita..

    Dan.. Gue sekarang cukup tau arti dari menghargai, bro..
    Tulisan lo keren.

    BalasHapus
  4. Tulisan lu bikin gue jadi lebih semangat buat nulis. Dan gak hanya nulis, tapi tentang menghargai suatu karya itu setuju banget. Inget perjuangan mereka nulis, bikin sesuatu yang pengen mereka (penulis) share ke orang - orang. Ntah itu tulisan tentang motivasi, suatu perjalanan hidup ataupun hal laen.

    yang paling gue setuju emang kutipan ini "harusnya seorang penulis itu nggak cuman nulis doang tapi harus juga jadi marketing akan karyanya sendiri"

    Jadi pengen bikin buku tentang kehidupan gue yang konyol ini deh T^T

    BalasHapus
  5. karya gue apa ya? hmm baru ebook doang. dan itu pun gratis wkwk

    Bisa kali nih bang Topik bikin reviewnya, eh udah punya belum ebooknya ngomong-ngomong? ahahak

    Btw keren euy mau support karya-karya orang lain :) Nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingetin gue don gue pengen review e-book lo. Ingetin gue lewat peaan fb yah..

      Hapus
  6. Luar biasa bang, semangat buat mendukung teman. Doain gue juga biar bisa menghasilkan karya :D
    Kalk gue belum bisa kasih support dengan cara beli bukunya. Duit aja masih ngemis sama orang tua. Wkwk.

    BalasHapus
  7. Apresiasi bang Tofik untuk karya orang lain patut di acungi jempol. Apalagi, sampai akan mengulas karya teman-teman. Mantap~

    BalasHapus
  8. Sampe sekarang baru bisa menghasilkan buku laporan praktikum, dan bentar lagi insya allah skripsinya dikelarin hehehe... tapi ini inspiratif banget, broo... menulis itu emng cerita untuk keabadian, saat kita nggak ada tapi ide dari tulisan kita masih bisa dikenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget..
      ayo lah kelarin skripsinya..

      Hapus
  9. Gue dukung om atas support lu ke temen2 yg udah menghasilkan karya2nya. Btw gue juga bisa dong disupport gini, ada nih skripsi gue, mau direview-in? Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue mau support lo setiap hari pit boleh yah..

      Hapus
  10. Iya, menghargai karya seseorang dengan membeli barangnya yang asli. Gue sejak SMA jadi rajin beli buku. Alasannya buat menghargai buku mereka. Buku yg gue suka tentunya. Pengennya sih semoga kalo nanti gue punya buku sendiri, karya gue dihargai juga sama orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti, gue yakkin lo akan dihargai juga karyanya

      Hapus
  11. emang lu baca bukunya pandji yg mana deh, fik?
    gue tertarik sih sama buku''nya pandji, ada yg tentang nasionalis juga ada yg tentang bisnis. tapi ituh bukunya tentang kayak menghargai dan mensupport karya orang lain gtu ya? keren tuh
    klo seandainya elu cewe, fik.... skrg gue bakalan lari ngambil hape terus catet no hape sama pin bbm elu. tapi, kenyataannya sih nggak gitu juga sih yak.
    wih hebat, pgen bkin reviewnya. tapi gue sendiri, kadang suka ragu sama tulisan yg gue buat sih. terlebih buku yg antalogi pertama, gue aja pas baca tulisan sendiri, kayak geli'' sendiri gitu.
    hmm.... baru tau, ternyata emang penulis sebagai tukang marketing harus bisa menyakinkan orang lan utk beli ya. gue kadang mikirnya, buku gue terbit, karya gue terbit, punyalah kenangan dari itu. tpi kayaknya emang harus bisa ngeyakinin org lain buat beli buku. ehehe

    BalasHapus
  12. Mantap... Totally agree. Sebuh karya itu abadi, dan cara terbaik untuk menghargainya adalah dengan cara mengapresiasi karya tsb. Dan pembuat karya, sudah seharusnya dia antusias dengan karyanya sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi yang bikin karya bisa jadi karya raya karena karyanya di dukung

      Hapus
  13. Mantap... Totally agree. Sebuh karya itu abadi, dan cara terbaik untuk menghargainya adalah dengan cara mengapresiasi karya tsb. Dan pembuat karya, sudah seharusnya dia antusias dengan karyanya sendiri :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.