iklan

Nanya-Nanya

Malu bertanya sesat di jalan, itu adalah salah satu pribahasa yang sangat familiar di telinga kita termasuk gue. Tapi gue akhir-akhir ini suka bingung dengan pribahasa itu, apa gak ada pengecualian yah? Atau semacam aturan dimana, siapa, kapan dan dalam situasi apa pribahasa ini digunakan. Supaya gue bisa bedain mana mereka yang nyasar, mana yang modus, mana yang oo’n, mana yang sok pinter, dan mana-mana yang lain.

Kenapa gue segitu ngototnya nanyain hal konyol kaya gitu, padahal itu kan peribahasa? Gue juga gak ngerti, tapi mungkin gue sering denger kosa kata bahasa inggris secara gue masasiswa bahasa inggris #bangga, terlalu sering bahkan denger kosa kata yang cuma satu tapi artinya banyak, bukan hanya kosa kata tapi imbuhan atau affix. Nih gue kasi contoh:

Interesting => kata dasarnya interest (perhatian/noun) dengan imbuhan –ing jadi interesting (yang menarik/adjective) tapi bisa juga interesting itu jadi gerund jadi noun kalo interest ditambah akhiran –s => interests (minat). Itulah segelintir contoh betapa rumitnya bahasa inggris padahal cuma satu kata sama kaya cewe, rumit! Tapi itulah yang gue suka, memahami sesuatu yang rumit itu menyenangkan kawan.

Oke kembali ke benang kusut merah, beberapa hari ini gue jadi lebih sering mikir kenapa temen sekelas gue pada suka nanya, dan pertanyaan itu kadang bikin gue bête, ada yang kelihatan mereka itu sok pinter, ada yang keliatan oo’n, dan sebagainya, gue jadi pengen tau alesan konkritnya mereka nanya itu sebenernya apa sih, dan ahirnya gue coba menyimpulkan sendiri kenepa mereka suka nanya, berikut adalah alasan kenapa masasiswa suka nanya ke dosen. Let’s grab it! (artinya apa ya?) check it out! (nah kalo ini gue tau)
     
    1. Alesan yang pertama mahasiswa suka nanya ke dosen itu karena natural, emang yang sebagian dosen terangkan itu belum jelas jadi wajar kalo kita nanya. Contoh :

1 jam setelah dosen menerangkan

“apakah yang bapa jelaskan sudah jelas”

“belum pa, yang nomer satu yang bapa jelaskan itu kurang saya mengerti”

“oke, ada lagi?”

“oiyah pa, sekalian ya pa nomer dua, tiga,empat lima, enam, tujuh ya pa”

“KELUAR KAMU!!! SAYA SUDAH JELASKAN SEMUANYA APA KAMU TIDAK MENDENGARKAN, DASAR GAK PEKA!!!”


"......."

Nanya sih nanya men, tapi gak semuanya lu tanyain, konsekuensi mahasiswa oo’n ya kaya gitu, gak konek apa yang dosen jelasin, dasar gak peka!

    2.  yang selanjutnya mahasiswa nyari nilai tambahan, atau lebih jelasnya dia CarMuk alias cari muka, biasanya sih yang satu ini pertanyaannya gak bermutu tapi demi nilai dia rela menggadaikan ketidakmutuannya, wal hasil dosen nanya balik dan dia malah gak bisa jawab. Contoh

2 jam setelah dosen jelasin

“apakah yang bapa jelaskan sudah cukup dimengrti, ada yang mau menanyakan?”

Diem sesaat, si pelaku nanya ke temennya

bro lu punya pertanyaan gak, sini biar gue yang ngomong, buruan!” #Maksa #BiarDapetNilai

“ada nih bro, yang nomer dua gue gak ngerti tapi bagian yang adjective ajah gue gak ngerti”

“yaudah, sini gue tanyain”
30 detik kemudian dengan tangan mengacung dan posisi badan berdiri tegak dan dada sedikit di busungkan.

“pa !”

“iya, apakah sodara mau bertanya?” yaiyalah masa mau jualan cendol

“iya pa, saya mau nanya yang nomer 2 yang bagian adjective itu apa ya, saya gak ngerti”

“KAMU INI GIMANA SIH!! SAYA KAN SUDAH MENJELASKAN MINGGU KEMARIN, MASA GAK TAU!! KAMU GAK BERANGKAT YAH!! Oo…IYAH BENER KAMU JARANG KELIHATAN DI KELAS, SAYA PASTIKAN NILAI KAMU “E” !!” 
 

“…….”


Tuh kan niatnya mau nanya biar dapet nilai gede, tapi malah terjadi bencana, makannya jangan sok CarMuk. 

   3. Yang ketiga atau yang terakhir adalah penanya yang sok pinter, emang sih dia pinter tapi dia suka pamer ke temen-temennya kalo dialah yang paling pinter di kelas, dengan pertanyaan yang cukup membuat kepala gue migrant dia nanya ke dosen sampe dosennya juga ngantuk dengerin dia nanya, soalnya pertanyaannya masayaallah panjangnya, dan kadang-kadang dia juga nanya sampe dia jawab sendiri saking panjangnya tuh pertanyaan, aneh memang, contoh:

“saya harap kalian tmengerti apa yang bapa jelaskan, tapi kalo ada yang mau di tanyakan silahkan”

“ada pa!”

“iya, silahkan?”

“pa saya mau Tanya kalo misalnya  bla……bla….bla…bla…@##%$#%#^$%$&^%*&^(**^%$#><?><?>M><M%”

sampe 15 menit dia belum juga menghentikan kekejaman itu, dan setelah 15 menit lebih 30 detik ia selesai

itu pa yang saya mau tanyakan”

                                  
   “zzzzzz…..ZZZZZ…zzz”

Dosennya malah tidur, kebetulan dosen semalem liat bola nyampe subuh dan dia belum juga bisa bobo, dan mungkin pertanyaan mahasiswa tersebut adalah obat tidur paling mujarab!

Itulah tipe penanya menurut gue, gak tau mungkin menurut kalian ada berapa puluh ribu tapi gue cuma menampilan di ruang lingkup yang sangat kecil yaitu di kelas gue sendiri. Gue sih bukan gak ngebolehin kalian bertanya pada guru atau dosen, terserah kalian juga sih kalo missal ada yang belum kalian mengerti apa yang udah dosen jelasin, ya kalian wajib nanya hak kalian buat nanya. Tapi nih ya, gue mau kasih saran kalo nanya itu yag berbobot dong, singkat, padat, jelas, gak bertele-tele, gak banyak basa-basi dan satu lagi otak sama mulut itu harus sinkron men, maksudnya? Maksudnya adalah pertanyaan yang kalian lemparkan ke dosen itu kira-kira gak basi, gak malah bikin elu kelihatan bego! Upss..

Ingat kawan malu bertanya sesat di jalan itu belum sepenuhnya bener, kalo gue mungkin agak sedikit memodifikasi pribahasa tersebut dan juga menambahkannya “malu bertanya sesat di jalan, banyak nanya malu-maluinatau yang ini nih “malu bertanya sesaat di jalan” jadi kalian cuma sesaat di jalan ntar juga ada yang nanya “mas, nyari apaan kaya orang bingung? nyari alamat yah? Sini saya bantu” ok sekian kesesatannya gue mau pesen sekali lagi, bertanyalah sebelum pertanyaan itu tumbuh jadi jerawat tapi inget yang berbobot yah, kasi besi kek biar berbobot.

See u next week, month,  time.

Komentar

  1. Assalamu'alaikum,, Kunjungan tengah malam sobat.. salam sukses slalu yua!!! http://aan-shared.blogspot.com

    BalasHapus
  2. gkgkgkgk... Kalo dipikir2, Banyak tuh yg kayak gitu kalo di kelas... HaHa
    Apalagi yg no 3.. lbh banyak gk mutunya, malah bikin anak2 kelas yg tadinya ngerti, jd g ngerti.. -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gitu tuh, suka muter2 kalo nanya pertanyaannya si dikit

      Hapus
  3. yg nomer 2 sama nomer 3 emang banyak kejadian. paling kesel sih kalo udah mau abis pelajaran eh dianya nanya -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tu bocah enaknya di masukin wc kalo pas akhir nanya..

      Hapus
  4. Kayaknya emosi banget waktu nulisnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bang, tau ajah kaya eyang bubur naik haji 12 kali

      Hapus
  5. wkwkwk...
    yang minta dikasih pertanyaan buat nanya tuh kocak..
    memang beneran kejadian..
    yang gak perhatiin minta pertanyaan..

    BalasHapus
  6. muhuahahahahahahahaha............
    gue yakin orang yang mau carmuk trus tiba'' digituin sama dosen bakalan pindah kampus. atau jgan'' org itu mksudnya lo ya, bro ?? waduh bro, slmet klo gitu
    hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan bang itu temen ane. kalo gue mah mahasiswa pasif hehe

      Hapus
  7. suka g suka sama yg nomor 3, mending diem menurut gua (emang bawaan sih jadi pendiem) terus seumpama ada yg kurang paham gua nyari di om google gitu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke itu pilihan lo bang, tapi biar lebih detail tanya dosen 4 mata sajah

      Hapus
  8. ini kuliah tapi ya....
    kalaua sekolah mah nggak tau juga biarin aja
    yang tau2 aja dikembangkan :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sera lu dah bang, yang penting lu seneng :)

      Hapus
  9. wah, samak. gue juga mahasiswa bahasa Inggris. hahahaa...
    kalo gue sih lebih cenderung ke no. 1 dan..ehm...nmor 2! hahaaha..cuman yang nomor 2 gue buat bonus untuk nomor 1. karena emang kurang faham, dan juga emang pingin ada nile lebihhh..ya itung itung namanya jga usahaaa..yang pnting ga keliatan bodo bodo amat. daripada malu bertanya sesat di jawaban soal test, hayo???? how??? what do you thing about it???

    BalasHapus
    Balasan
    1. i think, we can prepare the material before the test begins, a small example by reading or discussion with our friends. itu ajah si meyke :D
      ehh ajarin aku grammar dong hehehe

      Hapus
  10. di kelasku juga banyak banget tuh! kok bisa ya...
    tapi karena udah sifatnya kali ya....

    BalasHapus
  11. Muahahahaha niat cari muka malah dapet sampah...

    Keren Pik!

    BalasHapus
  12. hahah mantap ini postingannya semua tipe penanya yang disebuti di atas udah sering aku saksikan sendiri di kelasku.. setuju juga tuh dengan modifikasi peribahasanya.. malu bertanya sesaat di jalan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jangan malu buat nanya tapi yg berkutu ehh bermutu

      Hapus
  13. hahaha di kelas gue juga banyak yang tipe kayak gitu, biasanya malah pertanyaan sangat tidak bermutu yang udah dijelaskan malah ditanyaain lagi -____-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang kadang pertayaan gak mutu, di tanyain

      Hapus
  14. Tipe penanya versi Tofik. Saya idem aja deh. Hehehe. Kalau ngeselin tuh dosen yang selesai kuliah malah ga pernah nanya, langsung kasih tugas aja. Pengen lari ke kantin langsung rasanya *curhat:D

    BalasHapus
  15. tu nomer 2 juga pernah gue alamin.. bukanya gue dapet nilai,, eh malah gue jadi bulan-bulanan siswa lain..dan akhirnya gue kapok. karena hal itu gue sekarang malah gak pernah nanya, meskipun gue gak ngerti,gue juga gak akan pernah nanya..

    BalasHapus
  16. wah kalo gua cuma yang enggak tahu aja yang gue tanyain, itu aja waktu kerja ini, dulu waktu kuliah gue g pernah tanya dosen, gtw tinggal tanya ke teman.....haha, soalnya waktu kuliah pertanyaan tidak bisa dikonversi sebagai bentuk profesionalitas beda ama kerja

    BalasHapus
  17. yang nomer 3 itu adaaa d klas guwe dulu..
    sampe anak2 pada nyorakin gitu di tengah2 pake kalimat "intinya saudari?"

    BalasHapus
  18. yg nomer tiga gue juga kadang kesel. kadang dia itu cuma ngetes dosen -____-

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.