iklan

Tutorial; Bikin Orang-Orangan Ala Toples




Kemarin-kemarin gue dapet pesan lewat facebook dari bang Bayu. Katanya pake apaan sih bikin gambar orang-orangan di header blog gue. Sama kayak temen-temen yang lain juga kalau liat blog gue beberapa minggu belakangan ini emang little bit different. Yap, dikit banget bedanya. Cuman gue sering banget bikin ilustrasi tulisan pake orang-orangan, maksud gue kayak semacam kartun gituh. Dan pembaca blog gue yang budiman dan baik hati rupanya nggak cuman baca tulisannya doang tapi juga lihat gambar-gambar yang gue upload di blog sebagai ilustrasi tulisan.

“Itu ilustrasi orangnya bikin sendiri pik?”
Woiyadong…
“Bikinnya pake apa pik?”
Pake hati…
“Kapan-kapan bisa kali bikin tuttorialnya pik”
Emmhhh… tutorial menaklukan hati gue ajah yah… *disiram air kobokan*

Sebagai rasa terimakasih karena udah mau baca blog gue, gue akan mencoba memberikan tutorial tentang gimana bikin orang-orangan yang ada di blog gak jelas ini. Sori yah gue nggak punya cukup rezeki buat ngadain GA, sebagai tanda terimakasih karena telah sudi baca blog gue. Gue cuman bisa kasih tutorial ini doang nih. Sori banget. Gue nggak tau persisi apa nama ilustrasi orang yang gue buat, gue mencoba mengambil jalan pintas ajah, makannya gue namain orang-orangan.

Dan berikut tutorial bikin orang-orangan ala toples write….

Pertama-tama kalian harus punya AI dulu. Apa sih AI? AI adalah Adobe Illustrator.  Sebuah software untuk men-design. Yaiyalah masa buat bikin sayur. Pokoknya si AI ini sodaranya Photoshop, cuman si AI lebih mirip kayak Corel Draw. Yang anak design pasti tau. Lebih tau daripada gue. Install dulu AI-nya kalau yang belum punya AI. Sori (lagi) gue nggak bisa ngasih link download AI-nya buat yang belum punya AI. Gue ajah pakenya yang portable. Maklum gaptek. 

Ke dua. Kalau udah install AI. Tinggal buka deh AI-nya, kemudian buka File, klik New. Atau bisa juga pake Ctrl+N. Entar muncul New Document nah, atur ukuran tinggi dan lebarnya sesuai kemauan kalian.  




Ke tiga. Klik kursor pada menu Brush Toll sebelah kiri. Atau juga bisa klik B pada keyboard PC/Laptop kalian. Kalau udah, sesuaikan besarnya Brush, dan pilih jenis Round-nya. Kalau gue biasanya pake Round yang standar ukuran 3, 7 dan 15.


Ke empat. Buat deh, pake mouse. Iya, pake mouse. Makannya ada beberapa bidang dari desain orang-orangan yang gue buat agak nggak pas, kayak kuping dan mata misalnya, atau tangan. Karena bikin tangan itu susah banget, apalagi pake mouse. Saran dari gue sih, mending kalian latihan goyang-goyangin mouse dulu. Jangan goyangin badan mulu. Latihan biar biasa ngegambar pake mouse. Kalau saran biar lebih keren pake Wakom. Apa sih wakom? Cari di Google. 

Ke lima. Buat bagian dagu terlebih dahulu. Tapi terserah kalian mau bikin mata dulu kek, mau bikin hati dulu kek. Terserah. Kalau gue bikin dagu dulu biar ke atasnya rapih. 

Setelah bikin dagu, bikin kupingnya. Gerakan mouse kalian, jangan nangis kalau nggak bisa. Bue ajah dulu waktu belajar hampir mau gue makan mousenya, yang sabar ajah. Selaww. (Gambar)

Kalau udah bikin satu kuping arakan kursor ke selection tool di sebelah kiri atau tekan V pada keyboard. Drag bagian kupingnya ajah. Kemudian klik Ctrl+C kemudian Ctrl+V buat copy-paste kupingnya. Biar sama. Nah kalau udah ter-copy kemudian di balik ajah dan tarik ke arah kuping yang berlawanan.



 
Ke enam. Bikin rambut. Buat garis rambut terlebih dahulu di atas kuping kanan sampai kuping kiri. Nah, kemudian gambar rambut secara utuh, jangan di warnan dulu. Tunggu sampai pola rambutnya jadi. Kalau udah jadi pola rambutnya kayak gambar di bawah ini.



Tinggal warnain rambutnya.


Ke tujuh. Udah ngewarnain rambut, tinggal bikin alis, mata, idung dan mulut. Jangan takut salah, kalau salah bisa teken Ctrl+Z alias Undo. Iya, dia bisa balik ke masa lalu. 



Ke delapan. Tinggal kasih variasi di atas rambut. Cukup dengan mengganti warna brush dengan warna sesuka kalian. Dan, kasih bayang-bayang di atas rambutnya.


Ke Sembilan. Udah yah segitu ajah… ini hasilnya.




Kok cuman kepalanya ajah pik?

Gambar kepalanya ajah dulu entar badanya nyusul. Bertahap. Semoga nanti gue bakal menyempurnakan kemampuan gue dan memberikan cara-cara membuat ilustrasi yang keren. Dan orang-orangannya pun lebih di sempurnakan. Semoga bermanfaat, kalau kurang bermanfaat ya nggak papa. Gue tau tutorial ini nggak begitu menarik buat yang jago design. Iya, gue kan ilustrator amatiran.

Gue yakin di luar sana banyak banget yang jago design dan itu pasti, yang hebat dan melebihi kemampuan gue juga banyak. Tapi semoga saja dengan bagi-bagi ilmu kayak gini walaupun sedikit, ilmunya bisa nambah. Amin.

Komentar

  1. Bermanfaat banget nih, mau langsung aku praktekin, ah. Good post :)) Oia, sekalian mampir ke blog aku ya rahmaelbones.wordpress.com hehe:))

    BalasHapus
  2. kereeen. jago banget pakai AI, aku dulu pernah belajar, tapi sekarang sudah jarang pakai lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ujuran jago, gue belum sampe situ bang. gue cuma sampe level bisa doang..

      Hapus
  3. <- nyoba bikin dan dagunyakayak dagu alien. :|

    BalasHapus
  4. Keren!!! Tapi kalau yg ga berjiwa seni, tetep aja ga bisa bagus walaupun ngikutin tutorial :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih..
      nggak ada sih orang yang berjiwa seni menurut gue mah. adanya berjiwa besar buat mau belajar. :)

      Hapus
  5. Keren banget, tapi susah juga ya prakteknya. Kebanyakan goyang badan nih *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah pada awalnya ajah nanti kalau udah biasa mah jadi gamang kok. semangat!!

      Hapus
  6. MOUSEEE GUE KAKU GAK BISA DIAJAK KOMPROMI!!! GAMBARNYA JADI JELEK :v

    lebih suka pake trace pik :v ... tinggal gamabr di kertas terus scan abis itu trace dan warnain dehh tadaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan telen mousnya jie hahaha
      sabar dong..

      iya sih enakan gitu, tapi sekali lagi demi kehematan uang dan waktu mending gambar langsung. gue juga pernah scan gambar yang gue buat, tapi hasilnya nggak memuasakan..

      Hapus
  7. kreatif banget..pake adobe illustrator buatnya ya...hasilnya apik...trimkasih sudah berbagi ilmu ya..aku juga mau coba buat orang-orangan...... keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang.. oke bang

      salam juga dari cirebon :)

      Hapus
  8. keren. bisa dipraktekin nih :)

    BalasHapus
  9. bagus pik gambarnya. itu bisa bikin bayangannya gitu manual?

    saya dulu bikin design baju di corel hampir mirip kek gitu. ada curve-nya.

    kayaknya butuh waktu lama dan mendetail ya bikin kek gitu? *geleng-geleng kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. manual semua ga, sayangnya pake mouse jadi agak nggak rapih..

      latihan sih, perlu banyak latihan. biar bisa lues

      Hapus
  10. ehehehee....hampir kayak corel gitu tapi yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau sih cuman basisnya sama, yaitu vektor..

      Hapus
  11. ah.. canggih bener lu Pik bisa bikin tutorial beginian
    tapi kalo masalah menggambar kayaknya emang harus butuh bakat atau minimal 'super tekun' ..
    soalnya kalo orang yang gak pandai berimajinasi bakalan susah ngadepin beginian..

    contohnya gue ngedit gambar yg udah jadi tinggal nambahin kalimat2 aja gue sering kewalahan,,, apalagi bikin sendiri -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh biasa ajah bang... cuma pake sampo kok.. -lah?

      smangat bang lo pasti bisa!!

      Hapus
  12. Hemm, AL ya ? Pernah nyoba bikin ilustrasi monster yang agak2 mirip sama domo, tapi karna harus bermain dengan shape dan penggabungannya jadinya jd aneh. Bahkan nyaris gak jadi.

    Hemm keren, itu dagunya bisa hampir sempurna gitu yak ? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. AI bro bukan AL. Angkatan Laut? -__-
      hasil belajar :)

      Hapus
  13. Kak izin dibookmark ya. Aku pengen coba tapi nanti kalo udah download AI-nya. Nyari wifi dulu.

    Bermanfaat banget nih infonya. Ilustrasi-ilustrasi kamu emang keren-keren. Akhirnya dikasih juga tutorial bikinnya. Mudah-mudahan sih hasilnya nanti nggak aneh. Haha.

    Sukses terus Kapiikk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mangga. apa sih yang nggak buat kamu :D

      Hapus
    2. Apaan aku nggak bisa ngewarnainya Kapik-_- gimana itu?
      Tapi hasilnya lumayan bagus sih. Dagunya tirus. Ngaca dulu soalnya. Huahaha.

      Hapus
  14. Kalo lepi gue udah sehat, gue mau praktek ahh *kretekin jari*

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga leptop llo lekas sembuh. yg rutin minum obatnya :)

      Hapus
  15. Pake Ai.... yah.... gue juga Ai... Ai Lalat tapi'..... (iya itu tai)

    Karakter lo unyu2 gitu... ceritanya itu muka lo yah pik...?
    konsisten aja ama karakternya, biar beda ama karakter yang lain... biar entar kalo ada yang liat langsung bilang.. "wew ini si tofik"

    kapan2 karater kita di jadiin cerita biar greget fik gimana??? pasti hasilnya keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan itu contoh aja pal, yang muka gue mah di header sama di awal artikel. iya gue suka gak konsisten sama karakter haha

      boleh pal, tapi gue nggak jago2 amat nih

      Hapus
  16. mudah mudahan kepala lo gak miring sob

    BalasHapus
  17. gapapa lah meskipun belum bisa ngadain GiveAway buat para pembaca setia blog nya, tapi dengan bagi-bagi tutorial kayak gini juga bermanfaat kok.

    ternyata orang-orangan yang ada di blog lo bikinan sendiri. keren dah. tapi ntar kasih tutorial bikin anggota badannya juga ya. masak cuman kepala doang hehe.

    yaa meskipun sederhana, tapi orang-orangan karya bang tofik keren wes pokoknya. terus lanjutin bikin orang-orangan yang unik ya bang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih gue nggak ada dana zam..

      maksih, oke dehh

      Hapus
  18. gue mauuu komentar dari segi hukum aja, abis gue fustrasi kalo harus gambar-gambaran, header blog gue aja ancur bernoda-noda tak bernada. Hih. Yaudah, dari segi hukum, elo udah melanggar pasal 46 ayat Valentino Rossi yang musim ini kayaknya bakal kompetitif lagi, iya. Lo udah melanggar hukum tentang hak cipta, karena yang gue tahu produk dari adobe adalah berbayar, enggak gitu aja kita bisa make. Kalo kita make tanpa bayar, apalagi yang portable, itu udah melanggar. Makanya jangan bikin tutorial kayak gini, entar ketahuan kan kalo make yang bajakan. Kayak gue lah bang, pembajak professional. Hehehehehehehehe

    btw ada software serupa tapi yang enggak berbayar, sapa tau enggak jauh beda cara makenya, gue sih enggak pernah, cuma tau namanya aja. Namanya adalah Inkscape. Kalo gasalah gitu tulisannya, semoga bermanfaat.

    *gue kenapa sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sialan lo malah nakut2in gue hud. kampret lu

      Hapus
  19. keren tuh... kalau aku sih lebih suka ngegambar di inkscape dan gimp, terus nggambarnya pakek vektor biar nggak pecah hasilnya meskipun di edit ato di resize berkali2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apaan tuh inkscape, gimp? baru nyaho aku loh..

      Hapus
  20. Halo pik ... muncul di G+ nih mampir bentaran dimari boleh? kapan kapan ajarin ya pik.. maunya langsung biar berasa Cemistrinya sama toPIG bhahahah :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.