iklan

Rebutan Hurup (Path dan Pinterest)


      Dulu waktu kecil, gue ngerasa kalo nama tofik itu adalah nama satu-satunya di dunia ini. Tapi ternyata nggak demikian, nama tofik bertebaran dimana-mana sampe akhirnya gue berfikir kalo nama tofik itu adalah nama pasaran, sempet juga gue pengen ganti nama. Berhubung nama yang bokap kasih ke gue itu adalah bagian dari warisan jadi gue mesti terima, walopun warisannya bukan berupa uang.

Mungkin juga ada muka dan prilaku yang sama kaya gue di luar sana, nggak sama sih, cuman mirip. Dan yang membedakan ‘tofik dwi pandu’ dengan tofik-tofik yang lain adalah…..

*sejam kemudian*

Gue belum tau apa yang istimewa dari gue.

*hening*

------

        Kemiripan terjadi karena ada dua hal, yang pertama karena nggak tau kalau sesuatu itu mirip, yang ke dua berupaya menyamai tapi dengan ‘sedikit’ mengubah bentuk asli (gimana bingung kan). Hal menarik ketika nama besar sebuah produk atau perusahaan, bertikai karena berebut sesuatu yang menjadi ciri khas dari perusahaan tersebut. Seperti logo misalnya, yang menjadi sebuah jati diri dan tanda pengenal kepada konsumen.

      Termasuk dua jejaring sosial yang sangat terkenal, yang bertikai karena rebutan huruf ‘P’ pada logo masing-masing, yaitu Path dan Pinterest. Keduanya mengklaim bahwa huru ‘P’ itu adalah logo yang mereka pakai, path mengaku kalau mereka dulu yang memakai huruf ‘P’ sedangkan di lain pihak pinterest juga mengklaim merekalah yang terlebih dulu.



       Pinterest diluncurkan pada Maret 2012 lalu oleh Brian Cohen, berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Pinterest adalah jejaring sosial yang sedang booming saat ini, terutama di Negara asalnya, Amerika. Konsep social media yang satu ini adalah sharing papan bulletin, tentang gaya hidup, design, resep makanan, film dan lain-lain. Oiyah, kalo yang belum tau apa itu bulletin, bisa cari di Wikipedia, tuh ada di kanan blog gue.



      Sementar Path berdiri pada November 2010, didirikan oleh mantan karyawan facebook yaitu Dave Morin dan teman-temannya sesama entrepreneur. Path adalah jejaring sosial yang digunakan untuk saling bertukar foto atau sharing foto dan saling komentar dengan teman atau kerabat dekat. Keunikan path terletak pada jumlah pertemanannya yang dibatasi hanya 150 orang saja, jejaring sosial yang satu ini sangat menjaga privasi penggunanya.

        Pertikaian itu harusnya sudah terselesaikan, mungkin kalo gue sendiri lebih memilih Path yang menangin perebutan huruf ‘P’. Dilihat dari tanggal berdirinya saja, Path sudah lebih dulu ada dari Pinterest. Tapi itu menurut gue personal, karena mungkin pinterest juga nggak tau kalo logonya bisa semirip itu, walaupun desainnya agak beda.  Karena logo adalah jati diri dan tanda pengenal sebuah perusahaan, keduanya mungkin sudah terlanjur menggunakan logo dengan huruf yang sama ,jadi mereka enggan mengganti apalagi mengubah nama jejaring sosialnya.

------

      Sama-sama di awali huruf ‘P’ menjadikan keduanya bertikai, gue akan mencoba memberikan saran ngaco ala gue, may be it can help them. Coba Pinterest diganti ajah jadi ‘cyin-ngerest’ gue terinspirasi oleh bencong yang otaknya ngeres dan dia berkata, ‘cyin’. Jadilah Cyin-Nerest. Semntara Path, cukup ditambahin belakangnya menjadi ‘Path-imah’, terinspirasi dari tukang sayur di pasar senin yang bernama Patimah jadi itu mungkin bisa jadi rekomendasi solusi antara keduanya.


Yah cukup sekian saran yang ngaco dari gue. semoga informasinya dapat kalian pahami dan kalian mendapatkan ilmu. Ilmu hitam...


source.
http://www.kaskus.co.id
www.surgaberita.com

Komentar

  1. Yaelah... wah perihal hak cipta logo toh. sebenernya tanpa via meja hijau pun sudah kelihatan mana yang memulai terlebih dahulu. cukup diberikan beberapa perbedaan aja sama logonya atau dibedakan warnanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. meja hijau?? pengadilan.. urusan kaya gitu emang terlalu rumit

      Hapus
  2. Ini serius emang lagi ngerebutin logo ?
    Sebenarnya harus dicari tau dulu siapa orang dibalik logo-logo tersebut, siapa tau orang yang sama. Mirip banget :D

    BalasHapus
  3. serius nu, gue juga udah nyari tau kemana2 tentang kabar yang sangat membahana ini

    BalasHapus
  4. seharusnya sih masalahnya udah selese ya kalo diliat dari waktu mereka lahir, tp ya sudahlah, semoga saran bang topik bisa diterima disisi-Nya eh diterima sama Path dan Pinterest

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu doin gue mmeninggal sih tega banget, yaudah kita putus... -_-

      Hapus
  5. Oh lagi berantem rebutan ya mereka. Emang sering salah ngebedain saya juga sih.

    BalasHapus
  6. yaa emang begitu sekarang, sukanya rebutan. Padahal udah jelas siapa dulu yang lahir kan ?-_-

    BalasHapus
  7. hahaha tulisanmu rapi fik enak bacanya..

    aku dulu juga sempet bingung. ini path sama pinterest satu perusahaan atau gimana sih. logonya sama..

    BalasHapus
  8. Aku pake Path tapi bukan Pinterest. Ga tau kalo logo mrk mirip bgt. Wah kalo menurut aku Pinterest ganti nama aja jadi Cerdasest, apa pandairest. Kan artinya masih sama tuh

    BalasHapus
  9. hahahaha.. jadi phatimah... boleh juga tu idenya...

    btw gue malah baru tau kalo ada pinterest..

    soal nama tofik itu dah, lu sukuri aja lah pik... kalo banyak yang make nama itu, itu kan tanya nya nama tofik itu bagus... kalo jelek nggak mungkin banyak yang make dong.. :)

    BalasHapus
  10. hahahahaha penyelesaian dari lo ngaco banget men. :D .

    baru tau gue kalau mirip. soalnya. gue gak punya akun di dua-duanya.

    jadi inget kalau emang ada 7 kemiripan didunia ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bang guejuga baru tau, beberapa bulan yg lalu

      Hapus
  11. waduh pinterest sosmed apa sejenis makanan ringan?

    BalasHapus
  12. lu kaptudet banget, gue ajanggak tau kalau mereka nakalan gara gara huruf P. gue punya pinterest cuman skrang terbengkalai karena emng kurang booming. hahaha..dan Path keknya lagi memboomingkan diri gtu yaaak..ya syudahlah terserah mereka ajah.

    BalasHapus

  13. Iya, dari asal usulnya saja sudah ketahuan tuh yang menang siapa kalau mau diperkarakan di pengadilan. Ah, kok jadi ikut ribut sih. Yasudah, kita doakan saja mereka biar berdamai dan bergabung jadi 'path-erest' gimana? *usul yang tambah ngaco :D

    BalasHapus
  14. Pinterest itu gue baru tau ya :o dan karena gue baru tau, berarti gue gaperlu bahas di kolom komentar:p eh tp gue ngakak bava path-imahnya aha

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinterest itu semacam bumbu nasi goreng hud -_-

      Hapus
  15. lagi ngerebutin logo ya, kenapa gak ngerebutin aku aja *abaikan. kalau Path logonya tetep P aja, tapi kalau Pinterest pakai logo :P aja. itu si saran dari saya. semoga saran saya jadi berguna. hahahaha

    BalasHapus
  16. ahhh gitu ae pake direbutin. . -_-
    aku po,o direbutin hahaha :P

    BalasHapus
  17. sorry baru BW. kenalnya cuma path.. gak tahu apa pinterest,,, dan saya dukung path aja deh,.. kan path yang deluan:D

    BalasHapus
  18. wkwkwk kocak banget lo bang, emang mirip sih cuman beda font doangan. visit balik bang

    BalasHapus
  19. Cynterest Pathimah >.<
    Iya, aku akhirnya sambil baca-baca tuh, katanya emang lagi bertikai mengeklaim logo. Wweeww

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.